Sukses

Dukungan Puan Maharani Maju di Pilpres Menguat, Begini Kata Pengamat

Menurut pengamat, munculnya deklarasi dukungan terhadap Puan Maharani menjadi Presiden RI sinyal disukai masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah dukungan relawan terhadap Puan Maharani agar maju sebagai Capres 2024 mendatang terus menguat di berbagai daerah membuat PDIP diminta mengambil sikap.

Pengamat Politik Indonesia Politcal Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyarankan agar PDIP segera mengambil sikap. Upaya pengambilan sikap tersebut agar suara kader partai tidak terpecah.

Dedi mengatakan, munculnya deklarasi dukungan terhadap Puan Maharani menjadi Presiden RI merupakan sinyal jika sosoknya disukai masyarakat.

"Puan Maharani semakin menunjukkan posisi ketokohannya di PDIP sebagai figur utama, ia tidak saja menjadi wajah baru Megawati, tetapi lebih kuat dari itu yakni sebagai Capres potensial PDIP," ujarnya Kamis (4/8/2022).

Menurut Dedi, Puan Maharani bisa menjadi magnet pemersatu di internal PDIP. Ketokohan Puan makin teruji seiring dengan munculnya dukungan pemilih di akar rumput.

Dedi mengatakan, keputusan partai terkait capres sangat berpengaruh terhadap soliditas PDIP. Menurutnya, PDIP membutuhkan figur yang tetap dapat merekatkan keutuhan partai usai Pilpres 2024. 

"Puan layak diprioritaskan, mengingat ia merupakan trah Megawati cucu Bung Karno dan posisinya saat ini pun strategis sebagai pimpinan partai," tegasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turunkan Ego

Dia menyarankan agar apra elit di PDIP menyadari dan menurunkan ego untuk memunculkan nama lain. 

"Karena Puan sudah memiliki kepastian politik untuk terusung," katanya.

Untuk diketahui, sejumlah kelompok masyarakat di berbagai daerah mendeklarasikan diri sebagai relawan Pejuang Puan Maharani. 

Mereka berkomitmen bergerak serentak menyosialisasikan Puan kepada masyarakat sebagai Capres 2024. Dukungan itu terus menguat seiring citra sosok Puan yang semakin baik di mata publik.

"Ibu Puan ini sosok seorang profesional dan pekerja keras, bukan tipe yang suka pencitraan, tapi lebih menekankan pada hasil kinerja dari tugas yang diembannya. Makanya, kami perlu menyampaikan berbagai hal kepada masyarakat di akar rumput siapa Ibu Puan ini, dan kenapa layak menjadi presiden," ujar Syahrul Latif, Koordinator Relawan Pejuang Maharani Jawa Barat, Rabu 3 Agustus 2022. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.