Sukses

Wali Kota Surabaya Akan Perankan Sosok Bung Karno dalam Film Dokumenter

Liputan6.com, Surabaya - Sebuah film dokumenter mengenai perjuangan Presiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno akan diproduksi salah satu stasiun televisi nasional. Sosok Bung Karno dalam film itu akan diperenkan oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Eri mengatakan, film dokumenter Ir Soekarno yang akan diproduksi itu merupakan kerjasama stasiun televisi dengan Pemkot Surabaya. Film itu akan dimulai dari Bung Karno dilahirkan hingga menikah dengan putri sulung H.O.S Tjokroaminoto.

"Berlatar di Kota Surabaya, termasuk saat Bung Karno kembali ke Surabaya tinggal bersama di tempat indekos H.O.S Tjokroaminoto dan memperdalam agama Islam," kata Eri di Balai Kota Surabaya, Kamis (28/07/22).

Eri menyebutkan, film dokumenter itu akan ditayangkan pada 13 Agustus 2022, sekaligus menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia. Produksi ini sekaligus untuk menghimpun film dokumenter perjuangan para Pahlawan Nasional dari Kota Surabaya.

"Film dokumenter ini untuk mengisi konten yang ada di museum Kota Surabaya mengenai pahlawan kita. Dengan film ini masyarakat bisa lebih mudah memahami semangat dan tetesan darah dari para pejuang Kota Surabaya," ujar Edi.

Dalam film itu, Eri akan memerankan Bung Karno saat scene Sang Proklamator menghadiri penerimaan gelar Honoris Causa (HC) ke-25 untuk dirinya pada tahun 1964 di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat.

"Persipannya ya dijalani saja, discene itu Pak Rektor menyampaikan Bung Karno lahir di Blitar. Tak berselang lama, Bung Karno langsung menyampaikan kalau dirinya lahir di Kota Surabaya," tutur Eri.

Saksikan Video Pilihan Berikut: