Sukses

Berburu Pecel Semanggi, Kuliner Khas Hanya Ada di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Pecel Semanggi salah satu makanan legendaris khas Surabaya Jawa Timur

Kuliner ini berasal dari daerah utara Kota Surabaya yaitu Benowo. Pecel Semanggi Surabaya merupakan kuliner yang sangat unik dan terkenal di beberapa daerah.

Keunikan lain yakni Pecel Semanggi hanya dijual di Surabaya. Bahkan, Pecel Semanggi hanya dijual di beberapa titik Kota Surabaya.

Pecel Semanggi terbuat dari sayuran Semanggi yang bentuknya mirip daun paku dan tidak terlalu panjang. Daun tersebut direbus dahulu kemudian diberi bumbu. 

Bumbu dari Pecel Semanggi ini berbeda dari bumbu pecel biasa. Bumbunya menggunakan campuran kacang tanah, gula merah dan petis atau kadang ada yang dicampurkan dengan ketela rambat.

Penyajiannnya bisa ditambah dengan tauge, dan alasnya menggunakan daun pisang yang dipincuk Seperti kerucut. Dari dulu hingga sekarang daun pisang ini tidak pernah tergantikan oleh alas lain karena bisa jadi menghilangkan cita rasa segarnya daun pisang.

Selain itu Pecel Semanggi Surabaya ini dimakan menggunakan kerupuk puli. Namun, saat ini penjual sudah menyediakan sendok plastik bagi pembeli yang tidak ingin makan menggunakan kerupuk. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Ciri Khas

Pecel Semanggi ini sangat sulit ditemukan dan mulai langka. Jika Anda menemukan beberapa variasi pecel semanggi yang ada di Gresik atau Banyuwangi itu berbeda dengan cita rasa asli yang dimiliki oleh Pecel Semanggi Surabaya ini.

Penyajian pecel semanggi di Gresik tidak menggunakan kerupuk puli namun menggunakan rempeyek. Sementara pecel semanggi di Banyuwangi memiliki resep bumbu yang berbeda sehingga Pecel Semanggi khas Surabaya ini hanya bisa ditemukan di Surabaya.

Salah satu penjual pecel Semanggi yang masih terjaga keutuhannya berada di Masjid Al-Akbar Surabaya atau biasanya disebut MA (Masjid Agung).

Surganya kuliner, selain pecel semanggi disana Anda juga bisa membeli kuliner lain yang mulai sulit ditemukan di Surabaya.

Penulis: Aisyah Salma Izzatunnisa