Sukses

Dua Kecamatan Hujan Abu Akibat Erupsi Gunung Raung, Bagaimana Kondisinya?

Gunung Raung alami erupsi pada Rabu 27 Juli 2022.

Liputan6.com, Jember - Sebanyak dua kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terdampak erupsi Gunung Raung yang terjadi pada Rabu (27/7) sore, berupa hujan abu vulkanik tipis di wilayah setempat.

"Kami mendapat laporan bahwa dua desa diKecamatan Ledokombo dan Sumberjambe diguyur hujan abu vulkanik," kata Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo dilansir dari Antara, Kamis (28/7/2022).

Ia menjelaskan hujan abu vulkanik Gunung Raung turun tipis di Desa Gunungmalang, Kecamatan Sumberjambe dan Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, namun tidak berlangsung lama.

"Hujan abu vulkanik yang mengguyur dua desa pada dua kecamatan itu berdasarkan arah angin yang membawa material erupsi Gunung Raung, namun hari ini sudah tidak ada lagi," tuturnya.

Ia menjelaskan hujan abu yang turun ke Jember tidak terlalu signifikan karena arah angin mudah berubah.

Namun, pihaknya mengimbau warga tetap mewaspadai kemungkinan erupsi susulan.

"Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa status Gunung Raung hingga Kamis tercatat masih normal atau level 1, sehingga belum ada peningkatan status gunung api tersebut," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.