Sukses

Plaza Rengganis Wisata Alam Sejuta Pesona di Situbondo

Liputan6.com, Situbondo - Gunung Argopuro atau Rengganis merupakan salah satu wisata alam yang memiliki banyak puncak dan sejuta pesona yang belum terungkap di Situbondo. Beberapa puncak disini mempunyai struktur geologi tua dan sebagian yang lainnya lebih muda.

Puncak Argopuro atau rengganis berada pada ketinggian kurang lebih 3.088 meter dari permukaan laut (mdpl). Untuk mendaki hingga sampai kepuncak jalur yang bisa kita lalui adalah lewat Desa Bederan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Untuk dapat mencapai puncak Rengganis yang memiliki pesona eksotik dan nilai historis ini, harus berjalan kurang lebih 4 jam melauli perkebunan Damar dan hutan tropis serta menelusuri jalan setapak, maka kita menemui lapangan terbang atau pada rumput savana bernama “Cikasur”.

Lapangan terbang ini, konon merupakan peninggalan kolonial Belanda. Di lokasi ini biasanya kita dapat mendirikan tenda dan bermalam disekitar lapangan. Setelah kita bermalam di tempat ini, pagi harinya kita dapat meneruskan pendakian dengan menempuh perjalanan sekitar 6 jam dan sampailah ke Puncak Argopuro, Puncak Rengganis dan Daratan Tinggi Hyang.

Hutan di kawasan gunung Argopuro merupakan hutan produksi dan kita masih bisa menyaksikan atau menjumpai binatang-binatang liar saat pendakian. Adapun binatang yang kita jumpai di daerah ini, seperti kijang, monyet, babi hutan, buruk merak, ular, dan lainnya.

Keelokan panorama puncak Rengganis ini, jika dibandingkan puncak-puncak gunung lain yang ada di wilayah Jawa timur tidak kalah menariknya. Karena, selain puncak Dewi Rengganis ini mengundang nilai historis, pemandangan alamnya masih ‘perawan’ atau asri.

Tak hanya itu saja yang ada di Puncak Rengganis, tapi kita juga akan menjumpai keunikan-keunikan alam yang tersimpan disana, seperti bungan-bungaan yang warna-warni, air yang rasanya asam, manis, asin serta keunikan yang tidak masuk akal dalam alam pikiran kita.

Menurut masyarakat sekitar, puncak dewi Dewi Rengganis merupakan puncak yang sering memancarkan cahaya atau warna kebiru-biruan setiap hari-hari tertentu. Plaza Rengganis merupakan Spot Swa Selfie dengan latar belakang Gunung Argopuro dengan cuaca dingin menjadi pengalaman terbaik berwisata ke Lereng Gunung Argopuro.

Saksikan Video Pilihan Berikut: