Sukses

Saat Rujak dan Soto Menyatu Menjadi Kuliner Khas Banyuwangi

Rujak dicampur dengan soto mungkin terdengar sedikit kepo dan meninggalkan sebuah perasaan ingin mencoba di hati

Liputan6.com, Jakarta Rujak dan Soto umumnya dua jenis kuliner ini memiliki cita rasa tersendiri. Namun di Banyuwangi Jawa Timur, dua jenis kuliner ini melebur jadi satu.

Salah satu kuliner yang terkenal unik dan sedikit nyeleneh adalah rujak soto khas Banyuwangi. Sebagai orang awam yang membayangkan bahwa rujak dicampur dengan soto mungkin terdengar sedikit kepo dan meninggalkan sebuah perasaan ingin mencoba di hati.

Kuliner ini adalah perpaduan antara rujak sayur dengan soto daging atau soto babat dan jeroan. Bisa juga dengan soto ayam atau soto ceker jika harga daging sedang melambung tinggi. 

Penyajiannya rujak sayur kemudian disiram dengan kuah soto. Sungguh hidangan yang nikmat dimakan saat cuaca panas maupun dingin.

Isi dari rujak soto Banyuwangi terdiri dari kangkung, sawi, kecambah atau taoge, ketimun dan potongan tahu serta tempe kemudian diracik dengan bumbu kacang dan petis udang atau ikan. Penyajiannya semakin nikmat dibalur bawang goreng kemudian ditaburi kerupuk udang.

Beberapa penjual di Banyuwangi menyajikan sajian yang berbeda. Misalnya ada penjual yang membuat kuah sotonya bening dan ada juga penjual yang menyajikan kuah sotonya keruh. 

Bagaimanapun rujak soto masih menjadi favorit bagi warga Banyuwangi ataupun wisatawan luar kota.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumahan Hingga Restauran

Rujak soto selalu dihidangkan fresh, yang berarti penjual baru akan membuatkan racikannya saat ada pembeli datang. Rujak soto rumahan dan Restoran mungkin bisa jadi berbeda. 

Banyaknya peminat rujak soto, memotivasi warga untuk membuka usaha kuliner tersebut. Mulai dari rujak sotl rumahan hingga kelas restauran.

Jika Anda sedang berkunjung ke Banyuwangi tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas Banyuwangi tersebut. 

Ada beberapa rekomendasi tempat makan rujak soto. Warung Rujak Soto Mbok Pat, yang berlokasi di Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi. 

Disarankan untuk datang saat pagi atau jam makan siang dikarenakan cepat habis.

Rekomendasi kedua ada di Rujak Soto Waroeng Kemarang yang berada di Desa Taman Suruh, searah dengan Air Terjun Jagir di Dusun Kampung Anyar. 

Waroeng Kemarang juga menyediakan berbagai minuman khas Suku Osing dan Jawa Timuran. Tempat makan ini menjadi favorit wisatawan dari luar kota dan sangat ramai jika waktu liburan atau weekend.

 

Penulis: Aisyah Salma Izzatunnisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.