Sukses

Deretan Tokoh Nasional Menjadi Perbincangan Publik Versi Drone Emprit

Puan Maharani menjadi tokoh yang paling sering dibicarakan dalam nada positif versi data drone emprit

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah tokoh nasional tercatat kerap menjadi perbincangan di ruang publik. Berdasarkan data drone emprit, ada tiga tokoh yang menjadi perbincangan positif di ruang publik.

Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi menyebutkan, ketiga tokoh tersebut yakni Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir serta Menko Perekonomian sekaligus Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Tiga tokoh nasional itu, kata dia, secara berurutan menjadi perbincangan dalam nada positif. Temuan tersebut, berdasarkan temuan pemberitaan dan Perbincangan di Media Online dan Media Sosial 11-17 Juli 2022.

“Puan Maharani menjadi tokoh yang paling sering dibicarakan dalam nada positif (89%), diikuti Erick Thohir (85%) dan Airlangga Hartarto (81%),” demikian petikan paparan Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi, yang dikutip dari @ismailfahmi, Sabtu (23/7/2202).

Adapun tokoh sering dibicarakan dalam nada negatif adalah Sandiaga Uno 36 persen, Anies Baswedan 35 persen, dan Prabowo Subianto 33 persen.

Sementara itu, dari sisi pemberitaan media online, narasi terpopuler Puan yang bernada positif antara lain: Puan Maharani menyumbang sapi kurban seberat 1,3 ton ke PDIP Jateng. 

Selain itu, pandangan Puan yang menganjurkan cara mengatasi harga yang naik dengan perbaiki tata kelola komoditas pangan juga terpoluler serta mendapat acungan jempol masyarakat. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Analisa Media Sosial

Selanjutnya, pemberitaan Puan dianugerahi Doktor Kehormatan oleh Universitas Nasional Pukyong Korsel. Kemudian, PKB nyatakan siap mengadakan pertemuan dengan Puan secara terbuka ataupun tertutup.

"Pemberitaan terakhir terkait Puan layak maju sebagai Capres, lantaran Puan didukung struktur politik yang solid melengkapi nada positif itu," ujarnya. 

Drone Emprit mengungkap data menarik itu adalah sebuah inovasi produksi data kekinian. 

Seperti diketahui, teknonolgi Drone Emprit merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk memonitor serta menganalisa media sosial dan platform online yang berbasis teknologi big data. 

Drone Emprit sendiri menggunakan keahlian Artificial Intelligence dan Natural Learning Process (NLP).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.