Sukses

Nasi Kikil Jombang, Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Liputan6.com, Jombang - Jika Anda sedang berada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur jangan lupa menyicipi nasi kikil yang merupakan kuliner khas di daerah itu.

Bagi warga Jombang sendiri, makanan yang berbahan dasar kikil sapi tersebut sudah pasti tidak asing lagi. Makanan berat ini banyak dijual di daerah Mojosongo.

Diantaranya, ada nasi kikil Bu tandur yang sudah berdiri sejak tahun 1947, kabarnya nasi kikil Bu Tandur bahkan sering didatangi para pejabat seperti Cak Nun, Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa), Bupati Jombang (Mundjidah Wahab), dan sebagainya.

Di sebelah utara nasi kikil Bu Tandur ada warung nasi kikil yang berwarna biru sebagai ciri khas milik Bu Ida yang juga tak kalah ramenya dengan warung nasi kikil Bu Tandur. Oh ya, di warung ini juga menjual menu lain seperti lontong kikil, nasi bali dan nasi pecel.

Tidak jauh dari warung miliki Bu Ida, terdapat warung nasi kikil yang dari kejauhan sudah terlihat karena berwarna merah menyala milik Pak Man.

Warung ini memiliki dua julukan sekaligus yaitu 'Nasi Kikil Warung Abang' dan 'Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur', karena konon katanya mantan Presiden RI ke-4 tersebut sangat menyukai kikil racikan Pak Man ini.

Dilansir dari website resmi Pemerintah Jombang, di Mojosongo sendiri setidaknya ada 6 outlet yang menjajakan nasi kikil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Harga Nasi Kikil

Selain itu, nasi kikil juga dijual di berbagai daerah di Kabupaten Jombang contohnya daerah Balongbesuk, Bandung, Nggeneng, Kaliwungu, Blimbing, Sumoyono. Soal rasa jangan ditanya, tidak kalah nikmatnya dari 3 warung nasi kikil yang tersebut di atas.

Karena tiap warung nasi kikil memang memiliki ciri khas rasa dan sajian yang berbeda-beda, dengan pilihan lauk dan harga yang beragam pula.

Se-pincuk (sebutan untuk daun pisang yang dibentuk menjadi alas makanan) nasi kikil dapat Anda nikmati mulai dari Rp10.000 hingga Rp30.000, masih aman di kantong bukan?

Biasanya, paling pas jika menyantap nasi kikil ditambah dengan berbagai pilihan lauk dari bagian-bagian sapi seperti empal goreng, kikil goreng, paru, lidah, otak, hati sapi, atau babat sapi.

Untuk tambahan lauk ini di banderol mulai harga Rp10.000 per lauknya. Jadi sudah siap menghancurkan program diet dengan nasi kikil khas Jombang?

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS