Sukses

Keren, Dua Siswa di Malang Bakal Tampilkan Karya di Rumah Mode Perancis

Desain busana itu terinspirasi dari keindahan kampung warna warni Malang dan sistem pertanian terasering.

Liputan6.com, Malang - Dua siswi SMK Negeri 3 Kota Malang, akan mengikuti lomba peragaan busana di Perancis Agustus-September mendatang. Dua siswi itu adalah Wang Sinley Viriya Jecynta (Kelas XII) dan Nadiah Atha Syakirah Ibrahim (Kelas XI).

Keduanya mendesain busana yang terinspirasi dari keindahan kampung warna warni Malang dan sistem pertanian terasering. Saat ini mereka sedang menyelesaikan pembuatan lima busana untuk musim dingin.

Pendamping siswa SMK Negeri 3 Malang, Agus Sunandar mengatakan dari lima busana yang akan ditampilkan, saat ini sudah dua yang selesai prototype-nya.

"Biasanya yang terpilih adalah desainer dari Indonesia yang bagus-bagus. Acara ini juga memberikan kesempatan kepada desainer muda pemula, baik dari siswa maupun mahasiswa," kata Agus.

Kesuksesan ini tidak lepas dari aktifnya SMK Negeri 3 Malang mengikuti berbagai kegiatan fashion show di Indonesia dan melakukan presentasi karya bersama desainer top. Ternyata setelah dilakukan kurasi produk, anak-anak SMK Negeri 3 Malang memang bagus.

"Di Paris nanti mereka akan menjalani kegiatan mulai 27 Agustus 2022 hingga 6 September 2022," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenalkan Malang ke Dunia Internasional

Sementara itu, Wang Sinley Viriya Jecynta mengatakan, konsep Kampung Warna Warni dan terasering sawah sengaja akan dibawa ke Perancis. Tujuannya untuk mengangkat potensi lokal ke ajang internasional. Kota Malang saat ini sangat dikenal dengan keindahan Kampung Warna Warni dan sawahnya.

"Kami mengambil ide dari Kota Malang sendiri. Melalui desain yang kami buat, kami ingin semakin mengenalkan Kota Malang di dunia," kata Wang.

Detail busananya adalah bertumpuk-tumpuk untuk menunjukan kontur terasering, seperti di sawah, warnanya juga warna-warni seperti keindahan Kampung Warna Warni.

Kegiatan mereka dibiayai oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPP MPV) Bisnis dan Pariwisata Kemendikbud Ristek. Dari Indonesia yang berangkat hanya dari SMK Negeri 3 Malang.

Kegiatan di Perancis itu merupakan kegiatan rutin tahunan bernama Front Row Paris. Acara ini menampilkan fashion show temu bisnis fesyen dan berkunjung ke rumah mode dunia seperti Prada dan Dior.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.