Sukses

Perjalanan Kuliner Nasi Krawu Bu Tiban Surabaya Sejak Tahun 1979

Liputan6.com, Jakarta Nasi Krawu merupakan salah satu kuliner khas Gresik Jawa Timur. Kuliner khas tersebut diketahui diambil dari nama Krwauk.

Asal usul Nasi Krawu Gresik karena penyajiannya yang dikrawuk atau menggunakan tangan. Namun, saat ini, para penjual nasi krawu sudah banyak menggunakan sarung tangan plastik agar lebih higienis.

Namun, keberadaan penjual Nasi Krawu tak hanya bisa ditemukan di daerah Gresik. Nasi krawu juga bisa dinikmati saat anda berlibur ke Surabaya.

Salah satu kedai nasi krawu yang cukup terkenal adalah milik Bu Tiban atau lebih dikenal dengan Nasi Krawu Buk Tiban. Nasi krawu ini sudah turun temurun yang sekarang dipegang oleh anak bungsu dari Buk Tiban.

Nasi Krawu Buk Tiban sudah buka 6 cabang, dan inilah salah satu Nasi Krawu paling terkenal di Gresik. Halima anak bungsu dari Bu Tiban menceritakan bahwa keluarga mereka sebenarnya asli Madura yang merantau di Gresik.

Sosok Bu Tiban semula berjualan di warung kecil hingga keliling yang akhirnya menjadi besar Seperti Sekarang. Seporsi nasi krawu dihargai Rp 22.000, belum termasuk minuman dan lauk.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tahun 1979

Saat ramai, Nasi Krawu Buk Tiban bisa menjual hingga 500 porsi. Nasi krawu ini juga pernah mengikuti festival Makanan yang diselenggarakan di Jakarta.

Banyak sekali warga Jakarta yang mengatakan bahwa Nasi Krawu Buk Tiban sangat terkenal. Nasi Krawu Buk Tiban telah berdiri sejak Tahun 1979, lokasinya berada di JL KH Abdul Karim, Trate, Pekelingan, Gresik.

Buka dari jam 08.00 – 17.00. Selain itu ada juga cabang yang buka di Kota Surabaya, tepatnya di JL. Kayoon No.33, Surabaya dengan jam operasional 24 Jam.

Penulis: Aisyah Salma Izzatunnisa

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS