Sukses

Telusuri 6 Wisata Gua di Jawa Timur dengan Beragam Keindahannya

Pengunjung bisa mengajak keluarga untuk mengujungi wisata gua di Jawa Timur tanpa repot menggunakan peratan caving.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah potensi dan keindahan alam yang ada di Jawa Timur menjadi salah satu alasan pengunjung datang dan berlibur.

Seperti air terjun, pegunungan, bukit, pantai dan sejenisnya. Sejumlah gua di Jawa Timur juga menjadi salah satu pelengkap keindahan alam.

Beberapa gua yang ada di kawasan wisata alam Jawa Timur menarik untuk dikunjungi. Bahkan, pengunjung bisa mengajak keluarga untuk mengujungi wisata gua di Jawa Timur.

Dirangkum dari berbagai sumber Liputan6.com, berikut sejumlah objek wisata gua yang dapat dikunjungi bersama keluarga pada akhir pekan: 

Gua Gong

Dibuka dengan Gua Gong yang ada di Pacitan. Gua ini memiliki ektremasi sendiri dikarenakan jalurnya yang terjal, walaupun gua ini sudah dilengkapi dengan pembatas dan anak tangga yang digunakan wisatawan untuk menyusuri bagian gua. 

Namun, wisatawan diharapkan waspada karena anak tangga yang licin dan beberapa dinding gua yang memotong jalan yang disediakan. Sesuai namanya, gua ini akan mengeluarkan suara seperti gong jika dipukul.

Gua Akbar

Gua Akbar yang bermakna besar ini memang seperti namanya. Gua ini sangat lebar dan luas yang terletak di bawah tanah. Gua ini berada di Tuban. 

Dulunya, gua ini sempat menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat sekitar. Namun pemerintah mulai membuka untuk umum dikarenakan menyadari keindahan stalaktit yang ada di gua yang menarik dijadikan objek wisata.

Gua Lebar Sampang

Daya tarik yang diberikan oleh Gua Lebar Sampang sungguh unik untuk didatangi. Beberapa hal yang unik adalah adanya taman tumbuhan yang ada di atas gua. Selain itu, gua ini sangat ramai dikunjungi bahkan di hari biasa. 

Gua ini memiliki pintu lebar dengan dinding gua yang berwarna terang. Objek wisata ini adalah objek yang sangat terkenal di Sampang. Selain itu, di gua ini terdapat makam dari Pangeran Trunojoyo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gua Maharani

Gua yang terletak di Kabupaten Lamongan ini bisa jadi menjadi salah satu gua dengan fasilitas paling modern yang ada. Terletak di depan WBL atau Wisata Bahari Lamongan, beberapa objek yang diberikan kepada wisatawan adalah spot foto yang Instagramable dan hewan-hewan yang telah disediakan.

Gua Luweng Jaran

Berada di Kota Pacitan atau yang dijuluki kota dengan 1001 gua, termasuk gua ekstrem Luweng Jaran. Gua ini memiliki pintu masuk di dataran namun menjorok ke bumi. 

Panjang gua ini sekitar 25km dan belum ditemukan di mana ujung gua ini. Konon katanya ujung gua ini berada di lautan.

Gua Margo Tresno

Salah satu gua yang memiliki sejarah Perang Pajang. Gua ini berada di Kabupaten Nganjuk. Gua ini masih kental dengan mitos yang tersebar, yaitu apabila ada pasangan yang sering bertengkar, jika berkunjung ke gua ini akan mendapatkan kebahagiaan dan kerukunan. 

Sesuai dengan nama gua ini yang berarti Jalan Cinta. 

 

Penulis: Aisyah Salma Izzatunnisa 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.