Sukses

Dear Warga Jatim, Telkomsel Segera Nonaktifkan Sinyal 3G

Telkomsel mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 50 kabupaten dan kota secara bertahap di Jawa Bali. Sampai akhir tahun, Telkomsel menargetkan sinyal 3G sudah tuntas dinonaktifkan

Liputan6.com, Surabaya - Telkomsel mulai melakukan upgrade layanan 3G ke 4G di 50 kabupaten dan kota secara bertahap di Jawa Bali. Sampai akhir tahun, Telkomsel menargetkan sinyal 3G sudah tuntas dinonaktifkan.

Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Jawa Bali Riny Novitriyanti mengungkapkan, pihaknya sudah secara masif memberikan edukasi dan sosialisi kepada pelanggan 3G tentang upgrade layanan 3G ke 4G di Jawa Timur.

"Mereka yang masih menggunakan smartphone 3G juga segera mengganti dengan smartphone 4G, karena untuk bisa bermigrasi ke 4G harus menggunakan smartphone 4G," ucap Riny kepada wartawan, Kamis (14/07/2022).

Riny menambahkan, kebijakan ini sebagai bentuk kepatuhan Telkomsel atas aturan yang ditetapkan Menkominfo Johnny G Plate.

"Kami terus mengingatkan kepada pelanggan 3G di Jawa Timur untuk segera bermigrasi ke layanan 4G dengan menukarkan kartu SimCard ke GraPARI Telkomsel terdekat,” ujar Riny.

Menurut Riny, migrasi ini juga upaya perluasan pemerataan layanan 4G dengan menonaktifkan sinyal 3G di beberapa wilayah. Seperti di Sidoarjo dan beberapa kota dan kabupaten lainnya di Jawa Timur mulai 20 Juli 2022 dipastikan tidak tersedia jaringan seluler 3G.

"Pada tanggal tersebut pula, Telkomsel menonaktifkan sinyal 3G," tutur Riny.

Karena itu, sebelum tanggal tersebut akan ada beberapa penonaktifan 3G di beberapa kota di Jawa Timur, seperti kota Surabaya, Bangkalan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Kediri, Sampang, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar dan Pamekasan.

"Itu sebabnya, kami kembali mengingatkan agar pelanggan yang masih menggunakan kartu 3G segera migrasi ke kartu 4G Telkomsel ke GraPARI terdekat agar dapat menikmati Digital Experience terbaik," jelas Rini.

Riny mengatakan, sejak Maret hingga saat ini jumlah pelanggan 3G Telkomsel di wilayah Jawa Timur yang sudah banyak yang melakukan migrasi SimCard 4G. Sisanya, diharapkan segera bermigrasi sebelum sinyal 3G Telkomsel dinonaktifkan secara permanen.

Telkomsel mempermudah pelanggan 3G untuk bermigrasi ke layanan 4G dengan menyediakan perangkat smartphone 4G dengan harga terjangkau. Smartphone 4G tersebut bisa dibeli di GraPARI terdekat maupun di toko-toko HP yang ada di daerah.

"Upgrade layanan 3G ke 4G tersebut kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu yang tergantung kesiapan masing-masing wilayah," ucap Riny.

Untuk jadwal daftar kota atau kabupaten yang telah dilakukan peningkatan atau pengalihan layanan 3G ke 4G sesuai periode waktu dapat diakses melalui: www.telkomsel.com/untungjadi4g.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.