Sukses

Misi Penghijauan Alam Dengan Menanam Bibit Durian

Masifnya permintaan durian menggerakkan Semen Baturaja untuk melakukan penanaman bibit durian

Liputan6.com, Jakarta Durian menjadi salah satu buah yang banyak diburu masyarakat saat musim panen tiba. Buah tersebut menjadi salah satu komoditas unggulan petani untuk dibudidaya.

Salah satunya petani yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Bahkan di berbagai kabupaten/kota di Sumsel sendiri, memasok buah durian dengan rasa yang legit ke berbagai daerah di Indonesia. 

Beberapa daerah penghasil durian yakni Kabupaten Muara Enim, Lahat dan Ogan Komering Ulu (OKU) Sumsel.

Di Kota Palembang Sumsel sendiri, ada pasar penyedia buah durian yang dipasok setiap hari, yakni Pasar Kuto Palembang.

Lokasi tersebut menjadi incaran para pelancong untuk berwisata kuliner durian, dengan varian rasa dan ukuran.

Masifnya permintaan durian menggerakkan Semen Baturaja untuk melakukan penanaman bibit durian di Kabupaten OKU Sumsel.

Selain untuk memperluas budidaya durian, penanaman bibit tersebut juga dalam rangka penghijauan di Kabupaten OKU Sumsel serta memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2022 lalu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sasar Sekolah

Untuk memuluskan adan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU Sumsel, dalam membuat program 'Tree Planter School'.

Direktur Produksi dan Pengembangan (Dirprod) Semen Baturaja Suherman Yahya mengatakan, program tersebut untuk mendukung pelestarian dan kepedulian lingkungan hidup.

Program tersebut menyasar ke sekolah-sekolah yang mendapat predikat Sekolah Adiwiyata di Kabupaten OKU Sumsel. 

Salah satu agenda program, yakni penanaman bibit durian, peresmian kebun durian, pembagian bibit tanaman dan pemberian penghargaan ke lima sekolah yang mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata.

Kegiatan tersebut digelar di Lapangan Area Pabrik Baturaja OKU Sumsel, pada hari Jumat (8/7/2022) lalu.

"Penanaman kebun durian ini menggunakan sistem silvikultur yang sudah kita lakukan sejak tahun 2017, dengan harapan dapat meningkatkan keanekaragaman hayati di sekitarnya," ucapnya, Kamis (14/7/2022).

Selain bibit durian, Semen Baturaja juga menyerahkan bibit buah-buahan lainnya. Yakni alpukat, asam Jawa dan jambu. Dengan harapan, agar warga sekolah memiliki lingkungan yang sehat dan peduli dengan lingkungan.

Alasan Semen Baturaja membidik Sekolah Adiwiyata, karena sekolah tersebut sudah diakui Kementerian Lingkungan, dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Sebelumnya, Semen Baturaja juga sudah menanam lebih dari 10.000 pohon di lingkungan Area Pabrik Baturaja OKU Sumsel.

"Program tersebut sejalan dengan visi dari Semen Baturaja, untuk menjadi Green Cement Based Building Material Company terdepan di Indonesia," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.