Sukses

Kronologi Kebakaran Kapal Ikan di Perairan Probolinggo yang Angkut 25 ABK

Sebuah kapal nelayan pengangkut ikan terbakar di Perairan Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (12/07/2022) sore

Liputan6.com, Probolinggo - Sebuah kapal nelayan pengangkut ikan terbakar di Perairan Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (12/07/2022) sore. Kapal dengan nama lambung KM Lautan Papua Indah itu diketahui milik PT. Wogikel Papua Jaya.

Kapal pengangkut ikan itu diketahui berlayar dari Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo dengan tujuan ke Arafuru, Papua. Api terlihat dengan cepat membakar bagian belakang dan atas kapal.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Probolinggo, Herman mengatakan, puluhan ABK berhasil dievakuasi tim penyelamat dari kapal yang terbakar. Ada 25 kru yang terdiri dari 19 ABK dan enam ABK titipan.

"Beruntung saat kebakaran terjadi, sejumlah kapal yang berada di sekitar KM Lautan Papua Indah membantu mengevakuasi ABK kapal," kata Herman kepada wartawan, Selasa (12/07/2022).

Komandan Pos TNI Angkatan Laut Paiton, Letda Herdin menjelaskan, penyebab terbakarnya kapal pengangkut ikan itu karena sambungan pembuangan gas mesin mengeluarkan. Api berhasil dipadamkan setelah empat kapal tug boat diterjumkan.

"Untuk seluruh ABK yang selamat saat ini dievakuasi ke Pos AL Paiton untuk kemudian dibawa ke kantor IP3 Paiton," jelas Herdin.

 

Saksikan Vidio Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.