Sukses

Kenali Perbedaan Lontong Kikil, Lontong Balap dan Lontong Kupang Khas Surabaya

Liputan6.com, Jakarta Lontong salah satu alternatif olahan makanan pengganti yang bahan utamanya terbuat dari beras.

Lontong kerap disandingkan dengan kudapan makanan lain seperti gorengan. Namun, lontong juga menjadi bahan utama penyajian Kuliner Surabaya Jawa Timur.

Seperti lontong kiki, lontong kupang dan lontong balap. Lantas apa yang membendakan dari tiga jenis kuliner tradisional tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, kuliner berbahan utama lontong ini memiliki ciri khas dan rasa yang berbeda ketika disantap. 

Lontong Kikil

Lontong kikil adalah olah berkuah dengan campuran kikil dan pastinya lontong. Rasanya yang gurih menjadikannya menu makan favorit warga Jatim. Lontong kikil menjadi menu wajib bagi kamu yang melancong ke Surabaya. 

Perpaduan lontong, irisan kikil sapi, dan kuahnya yang kental pasti bikin kamu ketagihan dan enggak cukup dengan satu porsi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Lontong Balap

Nama lontong balap bukan berasal dari lontong yang dibuat di tempat balapan, atau bahkan lontong yang berkhasiat menjadikan siapa yang memakannya jadi punya kekuatan super ya Sobat. Namun, nama itu berasal dari cara pembuatannya yang menggunakan gentong berukuran jumbo. 

Dengan alat memasak yang sebesar itu, pedagang harus berjalan cepat untuk membawanya ke tempat jualan. Itulah asal mula nama lontong balap.

Hidangan makan siang legendaris dari Surabaya ini terdiri dari lontong, taoge, tahu, dan lentho. Lentho sendiri merupakan bahan racikan lontong balap yang terbuat dari kacang tolo atau bisa juga digantikan dengan kacang hijau. Ada yang merekomendasikan untuk menyantap lontong balap bersama dengan sate kerang. Mau coba?

Lontong Kupang

Kuliner khas Surabaya ini berisi kupang putih sebagai topping dengan lontong yang pastinya bikin kenyang. Kupang sendiri yaitu sejenis kerang laut yang hidup di lumpur asin. 

Hidangan ini juga akan menjadi lebih nikmat apabila ditambahkan siraman kuah petis. Eits, buat kamu yang mau mencicipi hidangan ini, jangan lupa sedia air kelapa muda ya. 

Hal ini dikarenakan kupang memiliki senyawa yang dapat memicu timbulnya alergi. Nah, air kelapa muda dapat menjadi penawar alergi tersebut. Pokoknya kalau sudah ada air kelapa muda, kamu bakal aman ketika makan hidangan ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS