Sukses

Pendaftaran Beasiswa SMA Sederajat di Surabaya Diperpanjang hingga 8 Juli 2022

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya memperpanjang masa pendaftaran Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya yang dikhususkan bagi jenjang SMA/SMK/MA sederajat yang awalnya 17-24 Juni 2022, kemudian diperpanjang hingga 8 Juli 2022.

"Semoga tidak ada lagi pemuda Surabaya yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan sekolahnya," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu (6/7/2022), seperti dilansir Antara. 

Menurut dia program beasiswa ini untuk menunjang beasiswa yang sudah diberikan oleh pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dia berharap beasiswa ini dapat memberikan dampak positif bagi arek-arek Surabaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya itu awalnya dibuka pendaftarannya mulai 17-24 Juni, kemudian diperpanjang hingga 30 Juni, dan karena saat ini para pelajar Surabaya sedang libur akhirnya diperpanjang lagi hingga 8 Juli 2022.

"Jadi, karena saat ini adik-adik pelajar ini sedang libur dan kami pikir mereka belum fokus pada pendaftaran beasiswa ini, maka setelah kami melakukan berbagai pertimbangan akhirnya kami putuskan untuk memperpanjang lagi pendaftarannya hingga tanggal 8 Juli 2022," katanya.

Dia juga memastikan bahwa hingga perpanjangan yang kedua ini, pelajar yang sudah mendaftarkan dirinya sudah ribuan. Mereka semua mendaftar melalui daring di laman besmart.surabaya.go.id.

"Karena ini perpanjangan yang kesekian kalinya, maka nanti akan kami lanjutkan tahapannya jika masa pendaftaran ini sudah ditutup pada tanggal 8 Juli 2022," katanya.

Menurut dia beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang nantinya mereka akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu per anak per bulan, terhitung sejak diputuskan.

"Beasiswa ini untuk tahun 2022, karena tahun 2023 akan kami kembangkan lagi," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Kualitas Anak Muda

Dia juga menjelaskan, beasiswa ini untuk meningkatkan kualitas anak muda Surabaya, terutama yang menempuh pendidikan di jenjang SMA/SMK/MA sederajat. Selain itu, program ini juga untuk mendorong pembelajaran SMA sederajat supaya pembelajarannya bisa optimal.

"Tahun ini, kami sediakan kuota 13.415. Namun, memang harus berhitung ulang karena jumlah yang harus dicakup lebih banyak dari itu, sehingga nanti dalam proses berikutnya kami akan berkonsentrasi di kelas berapa dulu atau bagaimana sistem berikutnya kita akan diskusikan lebih lanjut," katanya.

Ia juga menjelaskan persyaratan beasiswa meliputi harus warga Kota Surabaya (KK/KTP/KIA Kota Surabaya), siswa SMA/SMK/MA negeri/swasta atau sederajat, memiliki prestasi akademik di atas KKM yang dibuktikan dengan nilai rapor sejak kelas X (semester ganjil dan genap) hingga kelas XI (semester ganjil).

Selain itu memiliki prestasi nonakademik di bidang olahraga, seni, organisasi, lingkungan hidup, agama dan lain sebagainya. Minimal tingkat regional yang dibuktikan dengan sertifikat/penghargaan yang diraih, maksimal 3 tahun terakhir dari tahun pengajuan beasiswa.

"Selanjutnya, harus memiliki surat keterangan sehat dari dokter instansi pemerintah. Lalu, harus mengisi form dan mengunggah file dokumen pada aplikasi besmart.surabaya.go.id," katanya.

Sedangkan untuk layanan informasi bisa menghubungi di nomor 082132870798 atau bisa juga melalui Instagram di akun: @besmart.disbudporaparsby. Layanan informasi itu akan dilayani pada pukul 08.00 WIB-19.00 WIB, demikian Wiwiek Widayati .

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.