Sukses

Tim Trompah Jatim Kalahkan Jabar dan Jateng di Final Fornas VI Palembang

Liputan6.com, Jakarta Tim Trompah Panjang dari Jawa Timur meraih medali emas dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI di Palembang Sumatera Selatan. 

Jenis olahraga ini termasuk dalam Induk Organisasi Olahraga (Inorga) Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina). Jawa Timur menang di final saat berhadapan dengan Jawa Barat dan Jawa Tengah. 

Perwakilan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Surabaya di Bidang Olahraga Tradisional, Triwibowo menjelaskan delegasi atlet Jatim untuk Inorga Portina ada sejumlah 23 orang, mulai dari trompah, egrang, hadang/gobak sodor, dan dagongan.

Khusus trompah ada 4 orang. Ia mengaku menyiapkan timnya dengan cukup baik. 

"Di Surabaya itu ada komunitas yang setiap hari latihan, kecuali Sabtu dan Minggu, di lapangan Mulyorejo," ujarnya Senin (4/7/2022). 

Triwibowo menjelaskan bahwa selama beberapa kali mengikuti FORNAS, tim Trompah Jatim selalu berhasil menduduki peringkat pertama. 

"Kami ikut mulai di Semarang, Bali, Samarinda, dan sekarang Palembang selalu juara 1, Alhamdulillah," tegasnya. 

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Gubernur Khofifah

Ia juga menyampaikan harapan terkait keikutsertaan di FORNAS tahun depan yang akan dilaksanakan di Jawa Barat. 

"Kami berharap pemerintah bisa memberikan bantuan alat trompah, egrang, dagongan, dll. Kita selama ini urunan dan beli sendiri atau membuat sendiri. Mohon bantuan difasilitasi untuk persiapan di Bandung nanti," harapnya. 

Apalagi, keberangkatan tim sangat ditentukan oleh ketersediaan dana. 

"Sebetulnya kami sudah siap semua, tapi tinggal menyesuaikan alokasi dananya. Kalau dulu itu pemain bisa merangkap, misa ikut trompah, juga ikut hadang. Sekarang tidak boleh bercabang," tuturnya. 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui akun resmi instagram @khofifah.ip mengucapkan selamat atas kemenangan tim Trompah Panjang itu.

"Selamat sukses untuk tim Trompah panjang yang sukses meraih medali emas pertama kontingen Jawa Timur di festival olahraga nasional (FORNAS) VI di Palembang. (1-7 Juli) di Palembang. Semangat untuk semua tim kontingen Jatim. Terima kasih kerja keras dan prestasi yang membanggakan bagi Jatim," tulis Khofifah. 

Sebagai informasi, Trompah Panjang adalah permainan olahraga tradisional yang mempergunakan kayu panjang dengan ukuran tertentu sebagai alat mengadu kecepatan. 

Pemenang dalam permainan tradional ini ditentukan berdasarkan kecepatan waktu yang diambil dari kaki terakhir melewati garis finish.