Sukses

Melihat dari Dekat Pesona Keris-Keris Pusaka di Kota Madiun

Liputan6.com, Madiun - Dalam rangka memperingati hari jadi ke-104 Kota Madiun, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, menggelar pameran keris bertajuk Pesona Pusaka 2022. Kegiatan itu merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan budaya Bangsa Indonesia. 

Wali Kota Madiun Maidi seusai pembukaan pameran itu di GOR Wilis Kota Madiun, mengatakan pameran tersebut selain dalam rangkaian peringatan hari jadi, juga bertujuan untuk melestarikan karya budaya bangsa yang telah diakui dunia, salah satunya pusaka keris.

"Kita warga Bangsa Indonesia harus bangga memiliki warisan budaya berupa keris. Keris telah diakui oleh dunia sebagai budaya asli Indonesia," ujar Wali Kota Madiun Maidi dalam kegiatan tersebut kepada wartawan, Sabtu (2/7/2022) malam, 

Adapun pusaka yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut cukup beraneka. Selain keris, juga terdapat pusaka lainnya, seperti tombak. Keris dan pusaka yang dipamerkan tersebut merupakan koleksi paguyuban keris dari wilayah Madiun dan luar Madiun.

Pada pameran kali ini Pemkot Madiun bersama panitia juga menyelenggarakan kegiatan "sharing session pusaka" atau sesi belajar bersama tentang pusaka keris yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan ke masyarakat mengenai perjalanan pembuatan pusaka keris.

Tak kalah menarik, pameran yang diminati masyarakat tersebut juga diisi dengan lokakarya pembuatan keris. Adapun pameran Pesona Pusaka 2022 dalam rangka peringatan hari jadi Kota Madiun yang ke-104 tersebut berlangsung 1-3 Juli 2022. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini: