Sukses

Tota'an, Tradisi Unik di Jember Jadikan Burung Merpati Sebagai Simbol

Dalam tradisi tersebut, warga berkumpul dan menjadikan acara ini sebagai sarana merekatkan persaudaraan

Liputan6.com, Jakarta Dunia mengenal merpati sebagai simbol damai, la juga simbol kesetiaan. Simbol tersebut mewakili sebuah tradisi di Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Jawa Timur.

Sebuah tradisi panjang bernama Tota'an di Kabupaten Jember. Ada yang mengatakan, Tota’an berawal dari Kecamatan Semboro kemudian menyebar ke daerah lain di Jember.

Seperti Tanggul hingga Mangli di pusat kota Jember. Acara Tota’an digelar setahun dua kali.

Tradisi tersebut dikhususkan bagi kalangan masyarakat pecinta burung merpati. Mereka berkumpul dan menjadikan acara ini sebagai sarana merekatkan persaudaraan. 

Dalam acara ini, para penggemar burung merpati saling bertukar informasi seputar perawatan burung, sembari makan-makan.

Ada juga arisan dan pengocokan undian meski hadiah yang tak terlampau mewah. Tak jelas juga apa makna kata Tota’an. 

Namun realitas acap melampaui makna kata. Lihatlah, bagaimana saat siang datang, ratusan orang meriung membawa keranjang berisi burung dara dengan tak menampik rasa bangga.

Jumlah merpati bisa mencapai ribuan ekor. Setiap burung dara yang hadir dalam acara itu Tota’an di­dandani dengan berbagai pernik. Ada pita warna-warni hiasan jambul. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Pernah Ingkar Janji

Mereka diberi nama yang ganjil, kadang lucu sepertk Penakluk Cewek, Anak Manja, Putra Utama. Tak ada alasan apapun di ba­lik penamaan ini, kecuali keinginan bersenang-senang.

Tota’an diawali dengan melepas sepasang merpati dari dua daerah yang berbeda. Dua merpati itu mewakili mata angin dan disebut dengan pengantin barat dan pengantin timur. 

Selepas pasangan pengantin itu diterbangkan, para penyuka merpati ini berkumpul di tengah lapangan, untuk melepaskan ribuan burung milik masing-masing yang sedari tadi telah dipersiapkan. 

Merpati terbang, kembali ke kandang masing- masing. Merpati tak pernah ingkar janji. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.