Sukses

Akses Menuju Taman Wisata Alam Kawah Ijen Tertutup Longsor

Liputan6.com, Jakarta Akses menuju taman wisata alam Kawah Ijen Jawa Timur tutup total imbas longsor tebing di kawasan erek-erek.

Kabar tersebut dibenarkan Kepala Pos TWA Kawah Ijen Sigit Hariwibowo. Dia mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada hari Senin, 27 Juni 2022 pukul 15.00 WIB.

Sigit mengatakan, longsor kecil terjadi sejak pukul 08.00 WIB. Disusul longsoran besar pukul 15.00 WIB hingga menimbun jalan menuju kawah ijen.

“Kalau longsoran tanah itu terjadi sejak senin pagi, dan pada senin sore ini longsoran tambah besar menutup total Jalur menuju kawah Ijen,” kata Sigit.

Longsor terjadi diduga akibat kawasan Gunung ijen hujan selama tiga hari dengan intensitas sedang hingga lebat. Sehingga tebing di kawasan erek- erek tidak mampu menyerap air. 

Meski demikian, Sigit mengatakan tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Longsor akibat hujan di kawasan Gunung Ijen yang terus menerus terjadi selama tiga hari ini,”tambah Sigit.

Untuk membuka akses jalan, tim reaksi cepat dari BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi menuju lokasi longsor untuk membersihkan matrial longsoran dari badan jalan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Jalur Bondowoso

“Saat ini, tim dari BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi telah menuju kawasan erek- erek untuk membersihkan longsoran tanah dari badan jalan, agar bisa dilewati Kembali,” papar Sigit. 

Menurut Sigit, diperkikan membutuhkan beberapa jam untuk membersihkan matreal longsoran tanah dari badan jalan.

”Mudah- mudahan pembersihan matrial longsoran berjalan lancer dan tidak turun hujan lagi. Sebab jika terjadi hujan lagi terpaksa harus ditunda pembersihannya, karena lokasinya cukup berbahaya,” tandas Sigit. 

Sigit menghimbau, bagi masyarakat atau wisatawan yang hendak menuju kawah Ijen dari arah Banyuwangi untuk sementara waktu bisa melalui jalur dari kawasan Bondowoso. 

Sebab akibat longsoran tanah ini jalur menuju kawah Ijen dari Banyuwangi tertutup total.

“Kami sarankan bagi wisatawan atau masyarakat yang hendak menuju Gunung Ijen mencari jalan alternatif yaitu melalui jalur dari Kabupaten Bondowoso. Karena jalur dari Banyuwangi tutup total akibat longsor,”pungkas Sigit.