Sukses

Legenda Lele Putih Penghuni Kolam di Candi Penataran

Liputan6.com, Jakarta Candi Penataran merupakan salah satu candi termegah di Provinsi Jawa Timur. Candi yang berada di sebelah timur Kota Blitar ini memiliki luas lahan yang sangat besar.

Candi Penataran atau Candi Palah ini merupakan tempat wisata religi yang dibangun pada masa Kerajaan Kediri. Candi Penataran Blitar terdapat beberapa komplek-komplek yang digunakan untuk pemujaan.

Diperkirakan Candi Penataran ini dibangun oleh Raja Srengga yang merupakan raja dari Kerajaan Kediri kurang lebih pada 1200 Masehi. 

Pembangunan candi tersebut saat itu belum sepenuhnya rampung. Maka pembangunan dilanjutkan pada masa pemerintahan Wikramawardhana Kerajaan Majapahit pada 1415 Masehi.

Pada masa itu, candi merupakan tempat pemujaan karena dari sejumlah sumber mengatakan jika pemujaan itu dilakukan di komplek-komplek yang terdapat di Candi Penataran.

Perlu diketahui, di Candi Penataran terdapat sebuah batu rendah yang digunakan sebagai meja dan hingga sekarang lokasi itu menjadi tempat menyimpan sesajen oleh masyarakat yang berkunjung ke candi tersebut untuk bersembahyang.

Saksikam video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Legenda Lele Putih

Dari beberapa cerita yang beredar dimana di Candi Panataran terdapat sebuah kolam yang tidak begitu besar. Didalam kolam tersebut dipercaya oleh kalangan masyarakat terdapat beberapa ekor ikan lele yang bukan sembarangan ikan lele.

Melainkan ikan lele berwarna putih yang dipercaya pembawa keberkahan bagi siapa yang melihatnya. Kebiasaan pengunjung sering melakukan ritual melemparkan koin ke dalam kolam tersebut.

Konon, bila koin yang dilemparkan mengenai ikan lele putih, maka permintaan kita dapat terkabulkan. 

Entah mitos itu muncul sejak kapan, namun bagi beberapa kalangan masyarakat sangat mempercayai mitos tersebut tak jarang banyak pengunjung yang kerap melemparkan uang koin ke dalam kolam tersebut.