Sukses

Prodi Kedokteran Unair Primadona Pada SBMPTN 2022

Pada tahun ini, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima 1.925 Mahasiswa hasil seleksi SBMPTN 2022

Liputan6.com, Jakarta Program Studi (Prodi) kedokteran Unair Surabaya Jawa Timur masih menjadi primadona pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022. 

Kampus Unair Surabaya pun resmi mengumumkan hasil SBMPTN pada Kamis, 23 Juni 2022. Pada tahun ini, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima 1.925 Mahasiswa.

“Prodi Kedokteran masih menjadi primadona bagi para peserta SBMPTN 2022. Jurusan ini memiliki tingkat keketatan mencapai 2,38 persen. Hal itu berarti setiap seratus peserta yang mendaftar Prodi Kedokteran SBMPTN di Unair, hanya dua hingga tiga peserta yang dinyatakan lulus seleksi,” sebut Rektor Unair Surabaya Mohammad Nasih, Kamis (23/6/2022).

Dia menyebutkan, jumlah keseluruhan peserta yang ikut SBMPTN Unair 31.088 orang. Pada seleksi tahun ini, seleksi dilakukan sangat ketat.

“Kurang lebih di angka 6 persen. Sedikit lebih ketat dibandingkan dengan SNMPTN yang sudah diumumkan sebelumnya,” ujar Mohammad Nasih.

Dari jumlah tersebut, lanjut Nasih, terdapat 347 mahasiswa peserta Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang tersebar di beberapa jurusan. 

Adapun jurusan terbanyak penerima KIP-K ada pada Program Studi Keperawatan yakni sebanyak 21 peserta, dilanjutkan dengan Ekonomi Pembangunan, dan Ekonomi Islam masing masing 20 peserta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dominasi Perempuan

Nasih mengatakan bahwa peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN di Unair, sebagian besar masih didominasi oleh perempuan. Namun, secara jumlah terjadi penurunan komposisi peserta perempuan jika dibandingkan dengan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Jika yang lolos SNMPTN 79,09% perempuan, pada SBMPTN kali ini terjadi penurunan sedikit, tinggal 67,84 persen,” ucap Nasih.

Perihal nilai, Nasih menjelaskan bahwa Unair menjadi perguruan tinggi dengan nilai rata-rata peserta tertinggi keempat pada rumpun Sains dan Teknologi (Saintek). Sedangkan, untuk rumpun Sosial dan Humaniora (Ssoshum) menempati tertinggi ke tujuh.

Prodi lainnya, yang juga termasuk ketat untuk rumpun Saintek ialah Prodi Gizi dan Sistem Informasi. Sedangkan untuk rumpun Sosial humaniora ialah Prodi Ilmu Komunikasi, Psikologi dan Manajemen.

Nasih bersyukur karena pada SBMPTN tahun ini terdapat salah satu peserta yang nilai tes nya menempati urutan kedelapan terbaik pada SBMPTN yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Alhamdulillah di bidang soshum Unair juga memasukkan salah satu pesertanya untuk berada pada sepuluh besar nilai tertinggi, yakni dari program studi akuntansi,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.