Sukses

Pengumuman SBMPTN 2022 Hari ini, Begini Cara Cek Kelulusan

Hasil SBMPTN 2022 diumumkan sore ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK SBMPTN 2022 akan keluar pada Kamis hari ini (23/6). Pengumuman SBMPTN 2022 dapat dilihat pukul 15.00 WIB.

"Semangat Ya Calon Mahasiswa Indonesia! Sedikit Lagi Menunggu Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2022 #ltmptofficial #utbk2022," demikian postingan Instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), @ltmptofficial dikutip Kamis (23/6/2022).

Pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2022 dapat dilihat secara online atau daring melalui laman resmi https://pengumuman-sbmptn-ltmpt.ac.id/ dan laman pengumuman mirror.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengecek Kelulusan

Adapun cara melihat pengumuman SBMPTN 2022 yang dibagikan LTMPT sebagai berikut :

- Buka laman utama pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2022 yaitu https://pengumuman-sbmptn-ltmpt.ac.id/

- Setelah masuk laman utama, ada 32 laman mirror pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2022.

- Login ke laman hasil seleksi SBMPTN 2022 dengan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

- Setelah login, pengumuman peserta yang lulus seleksi reguler akan muncul, juga pengumuman peserta yang lulus seleksi KIP-kuliah dan pengumuman peserta yang tidak lulus seleksi.

- Peserta juga dapat mengakses laman utama pengumuman SBMPTN 2022 melalui handphone/smartphone.

- Serupa seperti di web browser, mengecek pengumuman SBMPTN 2022 melalui handphone adalah melakukan login ke laman hasil seleksi SBMPTN 2022 dengan nomor pendaftaran dan tanggal lahir.

3 dari 3 halaman

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam postingan sebelumnya, LTMPT membagikan poin-poin yang perlu diperhatikan saat mengecek pengumuman SBMPTN.

Pertama, pastikan Calon Mahasiswa memiliki koneksi internet yang stabil. Pengumuman SBMPTN 2022 dapat diakses melalui perangkat komputer, laptop, tablet, ataupun ponsel pintar.

Yang kedua, pastikan Calon Mahasiswa sudah memiliki data nomor peserta UTBK-SBMPTN 2022 dan tanggal lahir yang terdaftar"

"Yang ketiga, jangan panik bila laman utama gagal dimuat. Hal ini dapat disebabkan oleh lonjakan traffic yang masuk. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengakses pengumuman pada laman mirror ya."

"Semoga, apapun hasil yang didapatkan, dapat menjadi hasil terbaik bagi Calon Mahasiswa Indonesia!," tulis akun Instagram @ltmptofficial, Kamis (23/6/2022).

Setelah berhasil dinyatakan lulus, peserta selanjutnya perlu mengunduh sertifikat UTBK-SBMPTN 2022. Adapun proses ini dijadwalkan berlangsung sejak 25 Juni sampai 31 Juli 2022.

Lantas, bagaimana cara unduh sertifikat UTBK-SBMPTN 2022?

1. Akses laman resmi LTMPT melalui link https://portal.ltmpt.ac.id/

2. Login menggunakan email serta password yang terdaftar

3. Ketik nomor pendaftaran dan tanggal lahir

4. Lalu klik Lihat Hasil

5. Setelah berhasil masuk, akan tersedia pilihan untuk mencetak sertifikat UTBK

6. Klik Unduh untuk mengunduh sertifikat UTBK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.