Sukses

Wisatawan yang Hilang di Kawasan Bromo Ditemukan, Bagaimana Kondisinya?

Roni Nur Efendi dilaporkan hilang pada 19 Juni 2022.

Liputan6.com, Jatim - Seorang wisatawan asal Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Roni Nur Efendi (20) yang hilang di Kawasan Bromo ditemukan tim SAR gabungan pada Selasa (21/6/2022).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan bahwa Roni Nur Efendi sudah ditemukan dalam keadaan selamat sekitar pukul 12.00 WIB.

"Wisatawan hilang udah ditemukan kurang lebih pukul 12.00 WIB," katanya.

Ia menjelaskan Roni Nur Efendi ditemukan oleh tim gabungan kurang lebih sejauh 200 meter dari tempat kejadian musibah atau dari titik ditemukannya barang-barang miliknya.

Roni ditemukan tim gabungan di bawah bukit pada lokasi Gunung Emprit Blok Pusung Dhuwur dengan kemiringan medan mencapai 65 derajat.

Dengan lokasi yang cukup sulit dijangkau oleh tim gabungan tersebut, proses evakuasi membutuhkan waktu. Roni Nur Efendi ditemukan dalam kondisi sehat, namun mengalami dehidrasi.

"Kondisinya sehat, nanti pulang akan dikawal dengan teman-teman dari BPBD Kabupaten Malang," katanya.

Ia menambahkan, kondisi korban lemas akibat dehidrasi tersebut. Setelah melakukan pemulihan, Roni Nur Efendi kemudian dievakuasi oleh tim gabungan dan dibawa ke Posko Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wonokitri.

"Saat ditemukan kondisinya memang lemas dan dehidrasi. Namun setelah pemulihan, selanjutnya korban dievakuasi ke posko dan kemudian akan diserahkan ke keluarga," kata Sadono Irawan .

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Hilang

Sebelumnya, Roni Nur Efendi dilaporkan hilang pada 19 Juni 2022 di kawasan Pusung Dhuwur, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Roni hilang usai berpisah dari rekan-rekannya setelah berwisata ke kawasan Gunung Bromo.

Saat itu, petugas menemukan sepeda motor, telepon genggam, helm, sepatu dan jaket yang ditinggalkan korban di sekitar wilayah Pusung Dhuwur. Petugas sempat menunggu pemilik barang-barang tersebut selama kurang lebih empat jam.

Sebelum Roni Nur Efendi hilang, ia bersama tujuh orang rekannya berwisata ke kawasan Gunung Bromo sejak 18 Juni 2022. Keesokan harinya, ia berpamitan kepada rekan-rekannya untuk mendahului pulang.

Namun, selang beberapa waktu kemudian, Roni Nur Efendi sempat mengirimkan pesan melalui Whatsapp meminta bantuan kepada rekan-rekannya tersebut. Rekan-rekan korban berusaha mencari namun tidak menemukan lokasi yang bersangkutan.

Ia juga sempat melakukan panggilan telepon kepada salah seorang rekannya dan menyatakan bahwa sudah dijemput oleh pihak keluarga, sehingga teman-teman Roni tersebut kembali ke rumah masing-masing.

Pada sore harinya, keluarga Roni Nur Efendi mendatangi kantor resort Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di wilayah Wonokitri. Kemudian, petugas Balai Besar TNBTS bersama keluarga melakukan pencarian pada saat itu, namun tidak ditemukan.

Pencarian Roni Nur Efendi dilakukan oleh petugas gabungan dimulai pada titik penemuan barang-barang miliknya itu. Pencarian pada Senin (20/6) dilakukan hingga radius tiga kilometer dari titik awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.