Sukses

Deretan Wisata Alam Gresik Mulai Pantai hingga Gua Kapur Eksotis, Bikin Malas Pulang

Liputan6.com, Gresik - Panorama alam Kabupaten Gresik, Jawa Timur tak perlu diragukan lagi. Jika kebetulan Anda sedang berada di daerah ini, maka tak lengkap kalau tidak memanjakan mata di sejumlah destinasi eksotis di Gresik.

Wisata alam Gresik cukup beragam, tak hanya pantai, namun juga goa, danau hingga perbukitan. Jika berkunjung, jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen bersama orang tersayang.

Liputan6.com Jatim sudah merangkum sejumlah deretan wisata Gresik, simak ulasannya berikut ini:

2 dari 7 halaman

Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara adalah salah satu pantai yang berada di Pulau Bawean, di sana bisa melihat pemandangan yang indah berupa hamparan pasir pantai berwarna putih berpadu dengan air laut jernih yang berwarna biru kehijauan.

Udara sepoi-sepoi khas pantai juga seketika akan menyambut jika menapakkan kaki di Pantai Mayangkara. Pemandangan sekelilingnya pun tidak kalah bagus karena ada pepohonan rimbun yang bisa melindungi diri dari cuaca panas.

Pantai ini terletak di Desa Kepuhteluk, Kecamatan Tambak.

3 dari 7 halaman

Pantai Ria

Pantai Ria merupakan satu dari beberapa pesisir yang berada di Pulau Bawean. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain di pulau tersebut.

Di pinggir pantainya bisa dijumpai bebatuan karang hitam yang menjulang tinggi. Selain itu, tidak terdapat hamparan pasir putih atau debur ombak. Air lautnya sendiri jernih dan berwarna biru kehijauan.

Pemandangan yang terlihat ketika bermain ke objek wisata ini adalah kapal-kapal nelayan yang berlabuh di pinggiran dan terkadang mereka dibawa berlayar ke tengah samudera.

Pantai ini terletak di Dekatagung Sangkapura, Kabupaten Gresik.

4 dari 7 halaman

Gua Langsih

Gua Langsih ini konon adalah salah satu tempat yang dipakai oleh Sunan Kalijaga pada saat menempa diri setelah diangkat murid oleh Sunan Bonang. Goa langsih (menurut cerita tutur) juga digunakan sebagai tempat bermusyawarah oleh para Wali dalam merumuskan strategi dakwah dan pembinaan umat islam kala itu.

Secara tampilan fisik, Goa ini cukup menarik karena sekilas hanya tampak menyerupai cerukan saja, bahkan untuk masuk ke dalamnya diperlukan upaya yg cukup menantang adrenalin.

Namun ketika kita masuk maka Anda akan melihat beberapa bagian goa yg menarik seperti batu yg menyerupai kursi, batu telunjuk, dan air tetes goa yang tidak pernah kering meski musim kemarau sekalipun.

Karena letaknya di puncak Bukit Surowiti, tempat ini menjadi favorit bagi para wisatawan khususnya para pecinta alam untuk melakukan pendakian.

Selain Goa Langsih, di lokasi tersebut juga terdapat petilasan Sunan Kalijaga yang juga tidak pernah sepi akan wisatawan yang berziarah kesana. Penasaran? Langsung datang saja ke Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Gresik.

5 dari 7 halaman

Bukit Kapur Suci

Jika anda sedang berada di Gresik, jangan sampai anda tidak mengunjungi Bukit Kapur Suci. Panorama unik yang ada di sana mungkin tidak bisa anda jumpai di tempat lain.

Bukit bebatuan kapur yang menghiasi lahan ini memang menjadi target yang menarik untuk foto-foto, dan karena banyaknya pemuda dan pemudi yang datang, tempat ini menjadi viral dan semakin dipenuhi oleh wisatawan terutama saat akhir pekan atau musim liburan.

Di sana juga ada kolam renang yang berwarna biru kehijauan. Dengan warna yang kontras tersebut, pemandangan yang dihasilkan sangat indah sekali.

Destinasi ini berada di Jalan Ponganganrejo No. 34, Suci, Manyar, Suci, Gresik, Kabupaten Gresik.

6 dari 7 halaman

Danau Kastoba

Danau ini terletak di Desa Paromaan Kecamatan Tambak berada di puncak ketinggian dan berada di tengah-tengah Pulau Bawean. Dengan prasarana jalan setapak dan melewati keindahan rimbunan pohon-pohon raksasa berumur ratusan tahun. Untuk menikmati keindahan dan pesona danau ini dapat dicapai dengan berjalan kaki.

Di tempat ini terdapat spesies satwa langka aneka serangga yang takkan mungkin sama jenisnya dengan serangga di pelosok negeri. Oleh sebab itu lokasi ini mempunyai daya tarik luar biasa dan sulit dibandingkan dengan obyek wisata lainnya dan merupakan kenyamanan tersendiri bagi para pecinta alam.

Selain itu, Hamparan air tawar yang ada di danau ini banyak dihuni oleh ikan mujair species khas air tawar. Berdasarkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur Danau Kastoba merupakan salah satu obyek Cagar Alam yang dilindungi di Bawean.

Tetapi perlu dicatat bahwa objek wisata ini tidak boleh diakses/dikunjungi oleh wisatawan dalam jumlah yang besar.

7 dari 7 halaman

Bukit Larangan Panceng

Bukit tersebut sudah menjadi salah satu destinasi tersembunyi yang ada di Kabupaten Gresik. Bukit ini memang jarang dikunjungi para wisatawan.

Tetapi bagi kalian yang suka kegiatan perkemahan bisa datang dan merasakan bagaimana berkemah di lokasi ini. Bukit tersebut memiliki pemandangan yang indah dari puncak bukit dan Anda juga bisa menikmati dedaunan atau tanaman hijau yang tumbuh mengelilingi bukit tersebut.

Anda bisa mengakses bukit ini melalui Area Sawah, Prupuh, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.