Sukses

Kuliner Trenggalek Tampilan Sederhana Bikin Ketagihan

Liputan6.com, Jakarta Salah satu daerah di Jawa Timur yang dikenal memiliki ragam makanan yang menggugah selera adalah Trenggalek

Meskipun Kuliner Trenggalek ini memiliki tampilan yang sederhana, namun cita rasa yang ditawarkan sangat nikmat.

Sebagaimana diketahui, Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang menjadi tujuan wisata favorit di Indonesia. Hal ini dikarenakan provinsi ini memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik.

Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata kuliner yang menggugah selera. 

Jawa timur memiliki beraneka ragam kuliner lezat yang patut untuk dicoba. Jadi tidak heran jika kuliner di Trenggalek banyak dicari oleh para pecinta kuliner. 

Jika kamu berwisata ke Trenggalek, jangan lupa untuk mencoba kuliner yang ada di sana.

Soto Ayam Jarakan

Jawa Timur mempunyai berbagai jenis soto yang terdapat di berbagai daerahnya. Salah satunya di kota Trenggalek, yaitu soto ayam jarakan. Jika dilihat dari sajiannya kuliner Trenggalek ini memang terlihat seperti soto pada umunya yang disajikan dengan nasi hangat. Namun, biasanya orang Trenggalek menyantap soto ini ditambah dengan perkedel sehingga rasanya lebih enak.

Nasi Goreng Anglo

Nasi goreng anglo khas Trenggalek atau ada juga yang menyebutnya dengan nasi goreng mawut. Jika dilihat sepintas, nasi goreng ini tidak jauh berbeda dari nasi goreng pada umumnya hanya saja terdapat tambahan sayur dan mie.

Namun yang unik dari nasi goreng ini adalah cara pembuatanya, yaitu nasi ini tidak digoreng dengan menggunakan kompor melainkan menggunakan arang. Karena dimasak menggunakan arang, menjadikan nasi goreng ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas.

Ayam Lodho

Ayam lodho berbahan dasar ayam kampung yang sudah dibumbui dan dibakar. Kuliner Trenggalek ini dimasak menggunakan bumbu kuning serta rempah-rempah lainnya yang diracik menjadi satu. Karena bumbunya yang khas dan aroma ayam bakar yang menggoda selera membuat masakan ini sangat lezat.

Sebelumnya ayam lodho hanya disajikan ketika hari tertentu seperti hari lebaran. Namun, sekarang kuliner ini sudah dapat ditemui di berbagai tempat makan di Trenggalek.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tahu Lontong

Tahu Lontong merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta kuliner, karena memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Makanan ini disajikan dengan sambal kecap petis dengan sedikit rasa pedas yang menyatu dengan lontong, serta tahu yang enak membuat banyak orang jatuh cinta dengan makanan ini.

Kamu dapat menemukan kuliner tahu lontong di sebelah barat alun-alun Trenggalek. Karena rasanya yang enak, makanan ini sangat banyak dicari oleh penikmat kuliner.

Nasi Tiwul

Nasi tiwul adalah salah satu makanan khas Trenggalek yang paling diminati. Nasi yang terbuat dari ketela ini memilik rasa yang khas, sehingga cocok untuk disantap dengan berbagai masakan.

Biasaya nasi ini disajikan dengan ayam lodho beserta pelengkap lainnya. Selain itu, nasi tiwul juga disajikan dengan ikan asin, sambal dan sayur. Kombinasi makanan yang sungguh nikmat dan membuat lidah bergoyang. Nasi tiwul ini sangat mudah ditemui di berbagai tempat makan di Trenggalek.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS