Sukses

Jenazah Eril Diperkirakan Tiba di Indonesia Akhir Pekan ini

Pihak keluarga akan menyemayamkan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril yang sempat hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss, akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat dalam kondisi meninggal dunia. Pihak keluarga akan menyemayamkan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Bandung.

Pemerintah Provinsi Jabar memperkirakan jenazah Eril, putra sulung Ridwan Kamil kemungkinan akan tiba di Indonesia pada hari Sabtu atau Minggu nanti.

"Lokasi pemakaman nanti itu akan dikuburkan oleh keluarga. Jadi kami belum bisa menyampaikan titik lokasi pastinya dan Insya Allah nanti akan kami sampaikan," kata Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

Kemudian, Wahyu juga memastikan pihak keluarga akan menjemput jenazah Eril di Bandara Soekarno-Hatta pada akhir pekan ini.

"Sementara ini kita tidak mengagendakan tapi kita lihat kita komunikasikan kemungkinan menjemputnya ke bandara saja tidak ke Swiss," tuturnya. Diberitakan sebelumnya, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern di Swiss menyatakan bahwa jenazah Emmeril Khan Mumtadz akan segera dipulangkan ke Tanah Air.

Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (9/6/2022) malam waktu Indonesia mengatakan untuk selanjutnya KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia.

"Kami memohon doa dan dukungan teman-teman media sekalian. Agar seluruh proses kepulangan saudara Eril berjalan dengan lancar."

"Setiba di Jakarta nanti Direktoral Perlindungan WNI Kemlu RI akan memfasilitasi kedatangan rombongan di bandara Soekarno-Hatta."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didampingi KBRI

Sebelumnya, diberitakan pada Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50 waktu Swiss, polisi wilayah Bern melaporkan ada seorang pria tergeletak di air pada bendungan Engehalde. Spesialis polisi maritim dari kepolisian Cantonal Bern menemukan sesosok tubuh di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

Namun dipastikan bahwa pria yang telah diidentifikasi sebagai Eril anak Ridwan Kamil itu kondisinya telah meninggal dunia.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare pada Rabu 8 Juni pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman police.be.ch, Kamis (9/6/2022).

"Almarhum merupakan WNI (anak Ridwan Kamil) yang mengalami kecelakaan di kawasan Aare pada 26 Mei 2022".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.