Sukses

Khasiat Kopi Hitam Tanpa Gula yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan

Tak banyak yang tau bahwa mengonsumsi kopi tanpa gula juga bisa mengurangi risiko kanker

Liputan6.com, Jakarta - Hampir di seluruh dunia masyarakat menyukai meminum kopi hitam. Kopi hitam dapat di cambur dengan beberapa bahan lain seperti susu, kream, gula, dan bahan lainnya.

Namun, menyeduh kopi hitam tanpa bahan lainnya justru memiliki beberapa manfaat yang jarang diketahui orang. Berikut Liputan6.com rangkum manfaat meminum kopi hitam tanpa bahan tambahan alias tanpa gula dari beberapa sumber.

1. Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam berperan dalam meningkatkan metabolisme serta membantu pembakaran lemak di dalam tubuh. Kopi hitam juga mengandung asam klorogenat yang membantu memperlambat produksi glukosa.

Jadi bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan cobalah meminum kopi hitam tanda menggunakan gula dan yang lainnya.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Kopi dapat mengurangi peradangan yang merupakan salah satu penyebab berkembangnya tumor. Senyawa yang terkandung dalam kopi dapat mencegah beberapa risiko terken kanker seperti kanker hati, payudara, usus besar, dan rektal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat lainnya

3. Mengurangi Stres dan Depresi

Dengan meminum kopi tanpa gula dapat meningkatkan mood anda secara mudah jadi saat dalam keadaan tekanan bekerja cara ini dapat anda lakukan untuk mengembalikan suasan hati lebih baik.Kopi akan merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter.

4 Menurunkan Risiko Diabetes

Kopi membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin. Baik kopi berkafein dan tanpa kafein membantu mencegah diabetes.

5 Memperlancar Buang Air Besar

Dengan meminum kopi akan merangsang pergerakan di otot -otot di usus besar yang mendorong peristaltik yang menyebabkan buang air besar. Hal ini akan menjadi baik untuk meningkatkan sistem pencernaan dan ekskresi.

Jika belum terbiasa mengkonsumsi kopi tanpa gula, anda dapat mengurangi terlebih dahulu takaran gula, susu, atau kreamer. Lama kelaman anda akan terbiasa meminum kopi tanpa ada tambahan bahan lain.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.