Sukses

Meneladani Semangat Nasionalisme Dengan Revitalisasi Rumah Kelahiran Bung Karno

Rumah kelahiran Bung Karno akan dikoneksikan dengan destinasi wisata sejarah lain yang ada di kawasan sekitarnya

Liputan6.com, Jakarta Pemkot Surabaya Jawa Timur berencana merevitalisasi rumah kelahiran Presiden RI Soekarno menjadi museum.

Rumah kelahiran Presiden Soekarno tersebut berada di Jalan Pandean Gang IV Nomor 40 Surabaya. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan rumah kelahiran Soekarno akan dilengkapi sejumlah artefak hingga ornamen pendukung.

"Museum ini akan menceritakan berbagai kisah perjuangan Bung Karno sejak lahir di Surabaya hingga menjadi Proklamator Kemerdekaan Indonesia," kata Eri dilansir Antara, Selasa (7/6/2022).

Saat ini, proses revitalisasi bangunan aset milik Pemkot Surabaya itu masih dilakukan. Destinasi wisata museum ini segera dibuka dalam waktu yang tidak lama.

Setelah revitalisasi, rumah kelahiran Bung Karno akan dikoneksikan dengan destinasi wisata sejarah lain yang ada di kawasan ini. Sementara konsep yang sedang disiapkan adalah Kampung Kebangsaan.

Apalagi, rumah kelahiran Bung Karno tidak jauh dari rumah HOS Tjokroaminoto yang berada Jalan Peneleh Gang VII Nomor 29-31, tempat indekos Bung Karno selama menempuh pendidikan di sekolah.

"Ada pula Langgar Dhuwur, masjid berusia 2 abad di kawasan ini yang disebut sebagai tempat mengaji Bung Karno," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangat Bung Karno

Rumah kediaman HOS Tjokroaminoto telah diresmikan menjadi museum oleh Pemkot Surabaya pada 27 November 2017.

Dengan menjadi sebuah museum, Eri berharap pelajar sekolah hingga wisatawan umum bisa belajar kehidupan Bung Karno sekaligus meneladani semangat Bung Karno.

"Semangat beliau (Bung Karno) bisa masuk ke dalam jiwa anak muda. Apalagi, Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan. Selain Bung Karno, juga ada Bung Tomo dan pahlawan lainnya yang menggelorakan semangat melawan penjajahan," kata dia.

Bagi Eri, ideologi Bung Karno dalam memerdekakan Indonesia sudah seharusnya menjadi pelecut generasi milenial untuk berjuang.

"Kita harus berjuang agar merdeka dari kemiskinan dan pengangguran," ujar Eri.

Tidak hanya sekadar museum, Eri menyebutkan kawasan tersebut juga akan ditambah sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Selain produsen makanan, kami ajak para pengrajin cenderamata seputar Bung Karno," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.