Sukses

Simak Fokus Pemkab Lumajang Usai Relokasi Korban Erupsi Semeru

Tempat relokasi korban erupsi Gunung Semeru tersebut dibangun menggunakan konsep smart village

Liputan6.com, Jakarta Pemkab Lumajang Jawa Timur akan fokus pada pemberdayaan ekonomi usai relokasi pengungsi korban erupsi Gunung Semeru.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan pemberdayaan ekonomi terhadap pengung sierupsi Semeru dianggap penting. Hal itu untuk memastikan masyarakat kembali bangkit dan mandiri.

"Sekarang fokus menyelesaikan infrastrukturnya, baru kemudian fokus pemberdayaan ekonominya misalnya air nantinya dikelola oleh masyarakat melalui pamsimas atau BUMDes, kemudian juga akan ada pertokoan UMKM, peternakan kandang terpadu itu include menjadi satu konsep untuk warga relokasi erupsi semeru," jelas Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Jumat (3/6/2022).

Menurutnya, tempat relokasi tersebut dibangun menggunakan konsep smart village. Yakni dengan penguatan pola pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan desa.

Selain itu, ke depan pengelolaan pasar, air, fasilitas umum, kios UMKM, stadion, akan dikelolakan kepada masyarakat dan desa. Termasuk juga pemeliharaan kawasan yang perlu dilakukan agar kawasan relokasi tetap tertata dengan rapi.

"Pembangunan berikutnya adalah, pembangunan masjid, pasar, sekolah, madrasah, tempat pengelolaan sampah, stadion olah raga, balai RW, dan sarana fasilitas umum lain yang juga harus ada. Sekaligus melengkapi sarana penunjang lain untuk menambah kemudahan bagi para penghuni, misalnya, penguatan jaringan telekomunikasi, cctv, dan penerangan jalan umum," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Wapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi sinergisitas pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, dalam mewujudkan hunian relokasi bagi warga penyintas erupsi Semeru.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pak bupati, semua bekerja bersama sehingga upaya memberikan tempat tinggal bagi korban erupsi semeru sudah terlaksana dengan baik," ujar dia.

Wapres juga menyanpaikan, bahwa proses relokasi warga penyintas saat ini telah rampung 100 persen untuk pembangunan hunian tetap atau sejumlah 1951unit telah terbangun. Dan, untuk kontruksi bangunan hunian tetap sendiri menggunakan teknologi riset tahan gempa.

"Kami bersyukur pemberian hunian tetap untuk pengungsi semeru dengan jumlah 1951 hunian berjalan dengan baik, hunian tetapnya sudah seluruhnya terbangun, bahkan sebagian sudah ditempati, sisanya menunggu karena menunggu huntaranya belum selesai," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.