Sukses

Pesona Goa Akbar Tuban Membuat Sunan Bonang Terpesona

Dahulu goa akbar ini sempat dilupakan dan menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Goa Akbar Tuban Jawa Timur terletak di Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Tepatnya terletak di belakang Pasar Baru Tuban. 

Goa Akbar Tuban memiliki luas 1 hektar dan mengandung kisah religi yang sangat tinggi. Diceritakan, dulu Sunan Bonang mengetahui goa ini atas ajakan Sunan Kalijaga yang saat itu masih dikenal sebagai Brandal Lokajaya.

Goa Akbar dijadikan sebagai tempat tinggal Brandal Lokajaya setelah diusir oleh ayahnya, Wilotikto, Bupati Tuban ke-9. Ketika memasuki goa, Sunan Bonang terpesona dan seketika berucap "Allahu Akbar". 

Sejak itulah goa yang terletak di tengah Kota Tuban itu disebut Goa Akbar. Dahulu goa ini sempat dilupakan dan menjadi tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. 

Namun pada 1998, Pemkab Tuban berinisiatif membersihkan goa ini dan mengelolanya dengan baik.Kini goa ini diisi berbagai fasilitas. 

Jauh dari perkiraan wisatawan tentang goa yang gelap dan berbau kotoran kelelawar, kini di dalam goa telah dibangun jalur dari paving block yang dibatasi oleh pagar steinless steel. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Beribadah

Ditambah dengan berbagai lampu hias yang menyinari stalagtit dan stalagmit. Pengunjung bisa menikmati indahnya bebatuan berwarna.

Cahaya lampu hias dan bisa mengabadikannya dalam sebuah foto. 

Di dalam goa ini juga terdapat mushola untuk beribadah dan sebuah ruangan dengan tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat sejenak. 

Setelah keluar dari Goa Akbar, terdapat pedagang-pedagang yang menjual berbagai makanan dan pakaian. Biasanya pakaian dalam motif batik gedhog khas Tuban. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.