Sukses

Desa Jembul Mojokerto Akan Jadi Lokasi Wisata Luar Biasa

Daerah pinggiran wilayah Kabupaten Mojokerto itu berbatasan dengan hutan yang menyimpan banyak potensi

Liputan6.com, Jakarta Potensi wisata dengan Desa Jembul, Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto Jawa Timur terus digali. 

Daerah pinggiran wilayah Kabupaten Mojokerto itu berbatasan dengan hutan yang menyimpan banyak potensi alam dan pariwisata menjanjikan. 

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyisir langsung beberapa spot potensial seperti air terjun Coban Kabejan di kawasan Desa Jembul Mojokerto.

Coban Kabejan terletak di dalam hutan, dengan akses jalur setapak alami dan tebing curam di sisi-sisinya. Melihat potensi Coba Kabejan yang cukup tinggi untuk dijadikan spot pariwisata.

Dia ingin agar hal ini dapat diformulasikan secepatnya. Mulai dari langkah pemetaan, perencanaan, hingga pembangunannya.

"Kami harus segera menyusun perencanaan, yang akan dijalankan secara bertahap. Kita harus gali terus potensi yang ada, libatkan, dan berdayakan masyarakat sekitar. Coban Kabejan ini contohnya. Kita juga bisa menonjolkan kekayaan kuliner lokal setempat, untuk membantu mendongkrak ekonomi warga desa," terangnya. 

Ikfina pada eksplorasi ini, juga mengintruksikan untuk segera melakukan renovasi kolam renang wisata Bukit Pelangi Jembul, sumber air kolamnya, beserta akses jalan agar makin mudah. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dongkrak Pariwisata

Tujuannya tentu untuk mendongkrak kembali nilai jual pariwisata agar lebih dikenal luas. Kolam yang dibuka sejak 2017 lalu itu, diharapkan agar bisa beroperasi kembali, dan memberi manfaat ekonomi bagi warga sekitar.

Irigasi menjadi hal yang krusial untuk dibenahi, sebab Jembul merupakan spot potensial pertanian umbi porang.

Pertanian tentu membutuhkan irigasi yang baik, demi memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Warga Jembul bahkan telah mengusulkan program kebun induk bertani porang. 

Untuk diketahui, beberapa hari sebelumnya di Desa Jembul, telah dilaksanakan panen umbi porang sebanyak total 15 ton. Hasil fantastis ini makin memperjelas potensi Jembul sebagai lahan bertani porang yang menjanjikan. 

Dalam kegiatan eksplorasi wisata Desa Jembul kali ini, Ikhfina juga melakukan tabur benih ikan tombro di sungai Desa Jembul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.