Sukses

Air Terjun Dolo Rekomendasi Tempat Healing di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Kediri Jawa Timur memiliki beberapa air terjun yang cantik. Salah satunya, adalah Air Terjun Dolo di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Jarak tempuh dari Kota Kediri ke arah barat sekitar 25 km atau 45 menit dan sekitar 150 km atau 3,5 jam dari Bandara Juanda Surabaya. 

Meski agak jauh, tapi pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun dolo Kediri terbilang sangat indah dan mudah. Gunung Besuki merupakan alternatif yang sangat menarik untuk ditaklukan dan dinikmati. 

Rasa lelah dan haus akan terobati saat mencapai Air Terjun Dolo, kesejukan dan panoramanya membuat pengunjung terpesona. 

Lokasi air terjun berada di tengah kawasan hutan gunung besuki menambah asri dan sejuknya kawasan ini. Ketenangan dan kenyamanan yang disuguhkan tentunya akan memanjakan Anda yang biasa terbelenggu dalam rutinitas dan kepenatan suasana kerja dan aktivitas perkotaan.

Berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, kondisi alam di wisata ini cukup terjaga dari kebisingan dan polusi pusat kota.

Keindahan obyek wisata ini semakin lengkap dengan adanya udara yang segar dan sejuk khas pegunungan, ditambah suasana yang hijau dan tenang dan kealamian dari air terjunnya sendiri. 

Perjalanan Anda akan dimanjakan dengan hamparan hijau pemandangan hutan pinus lengkap dengan aroma khasnya disepanjang aspal hotmix yang meliuk-liuk melingkar menuju puncak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Suasana Asri

Untuk perjalanan menuju Air Terjun Dolo, kita harus berhenti di Dusun Besuki dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Karena jalan menuju ke arah Air Terjun Dolo mendaki dan tidak mungkin dilewati kendaraan. 

Jalanannya berupa anak tangga dari bebatuan yang dibuat melingkari daerah tersebut. Bebatuan tersebut menambah pesona dan nilai tersendiri yang membedakan dengan air terjun ditempat lain.

Setelah dibekukan oleh dinginnya Air Terjun Dolo, pengunjung dapat memanaskan suasana dengan menikmati fasilitas pariwisata yang tersedia seperti Joging ataupun Hiking Area. 

Bagi yang membawa keluarga dapat mengajaknya ke taman bermain yang tersedia. Tersedia pula Camping Ground bagi pengunjung yang ingin tinggal dan menikmati suasana kawasan ini lebih lama. 

Beberapa meter dari air terjun, kita dapat menemukan kebun sayur dan strowberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu. Pengunjung bisa membeli sayuran dan stroberi yang masih segar bahkan bisa langsung dapat memetiknya sendiri dari pohon.

Bagi pengunjung yang belum terbiasa dengan suasana dingin disarankan untuk membawa mantel atau baju hangat. Karena dilokasi biasanya selalu diliputi mendung dan kabut yang tebal ditambah lagi kadar air yang cukup tinggi.