Sukses

Hikayat Meja Kerja Gubernur Pertama di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Sebuah benda bersejarah milik Gubernur Soerjo masih tersimpan rapi di rumah salah satu warga Magetan Jawa Timur bernama Mbah Indah Sunarni.

Rumahnya Desa Gebyog Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Mbah Indah mengaku masih menyimpan meja kayu jati berukuran 3 X 1,5 meter yang dulunya merupakan meja kerja Gubernur Soerjo saat menjabat sebagai camat di Karangrejo sekitar tahun 1923.

Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau Gubernur Soerjo merupakan gubernur pertama di Jawa Timur. 

"Beliau asli Magetan," ujar dia, Kamis (26/6/2022).

Meja yang berusia lebih dari seabad tersebut masih terlihat kokoh meski ada papan penguat di bagian sisi sambungan kakinya. Meski warna kayu jati telah mulai kusam, namun meja tersebut masih terlihat terawat dengan baik. 

Meja kerja Gubernur Soerjo memiliki ukiran melingkar pada bagian kaki meja. Dia mengatakan, meja tersebut turun temurun dari orang tuanya Tasirun. 

Tasirun sendiri mendapatkan meja tersebut dari adiknya yang bernama Tasliman. 

“Mbah Tasliman itu menjadi kepala Desa disini. Beliau adik bapak saya yang bernama Tasirun,” ujarnya.

Indah Sunarni mengaku meja kerja Gubernur Soerjo tersebut digunakan untuk dia dan keluarga belajar sejak kecil. Dimeja tersebut dia juga sering mendengar cerita sejarah meja kerja Gubernur Soerjo dari ibunya. 

“Dari kecil ibu saya sudah sering menceritakan meja ini. Katanya ini punya Gubernur Soerjo. Waktu kecil kita kan belum tahu siapa beliau. Disini kami belajar bersama saudara yang lain,” imbuh pensiunan guru SD Pelem tersebut.

Bahkan kegiatan belajar bersama di meja Gubernur Soerjo terus menjadi kebiasaan turun temurun di keluarga Indah Sunarni. Berkat belajar di meja tersebut, dia mengaku anak cucunya serta kemenakannya berhasil dalam menempuh pendidikan. 

“Cucu saya yang di ITB ada dua orang kemudian ada lagi yang di Unair. Besok ada cucu saya yang syukuran dapat pria Dubai karena kerja disana dan ada lagi yang kerja di Amerika. Alhamdulillah mereka semua dulunya belajar disini,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tidak Dijual

Indah Sunarni mengaku tak akan pernah melepas meja bersejarah kenangan dari Gubernur Soerjo tersebut. Meja tersebut akan diwariskan kepada anak dan cucunya kelak untuk belajar. 

“Selama ini belum pernah ada yang nawar, dan kami memang tidak akan menjual biar ditawar berapapun. Biar jadi warisan anak cucu kelak,” ujarnya.

Meski tak akan menjual meja kenangan tersebut, Indah Sunarni mengaku akan memberikan kelonggaran kepada pemerintah daerah maupun kepada keluarga besar Gubernur Soerjo jika menginginkan meja tersebut. 

“Beberapa waktu lalu ada keluarga besar Gubernur Soerjo yang datang kesini melihat lihat meja tersebut,”pungkasnya.