Sukses

Puluhan Sapi Sembuh, Kabupaten Bangkalan Pastikan Nol Kasus PMK

Disnak Bangkalan mengaku tidak lengah dengan penyakit yang sempat mengakhawtirkan para peternak tersebut

Liputan6.com, Jakarta Dinas Peternakan (Disnak) Bangkalan Jawa Timur menyatakan kasus wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Bangkalan teratasi dan dipastikan nol kasus.

Sebelumnya, sebanyak 32 ekor sapi di Kabupaten Bangkalan dikarantina karena suspek PMK tersebut kini sudah mulai sembuh.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan (Disnak) Bangkalan Ali Makki mengatakan sembuhnya 32 ekor sapi tersebut menandakan Bangkalan sudah nihil dari wabah PMK

“32 sapi yang suspect itu kita lakukan penyuntikan dua kali antibiotik, sekarang sudah sehat kembali. Artinya kasus di Bangkalan sudah nihil,” katanya, Rabu (25/5/2022).

Meski begitu, Disnak Bangkalan tidak akan lengah dengan penyakit yang sempat mengakhawtirkan para peternak tersebut. Upaya penyuntikan vitamin dan antibiotik pada sapi yang berada dalam satu kandang dengan sapi suspect maupun positif terpapar terus dilakukan.

Saksikan video pilihan berikut ini;

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Treking

"Lagi pula untuk vaksin khusus wabah ini kan masih belum ada, untuk yang suspect itu kami berikan antibiotik penanganan penyakit biasa, kan tidak jauh beda penyakitnya, hanya penularannya saja yang lebih cepat,” jelasnya.

Selain itu, tidak dilakukannya penyuntikan ataupun treking pada ternak warga, lantaran dikhawatirkan akan menimbulkan kepanikan bagi peternak. 

“Kalau secara fisik sehat tidak ada gejala apapun, maka kami biarkan. Kecuali ada gejala, maka petugas akan bergerak cepat,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.