Sukses

Sejuknya Udara di Wisata Tancak Kembar Bondowoso

Liputan6.com, Bondowoso - Tidak heran jika Kabupaten Bondowoso dijuluki The Highland Paradise yakni surga di tinggian. Terdapat banyak wisata alam yang indah seperti pegunungan dan air terjun yang bisa di kunjungi.

Salah satu pesona yang sangat indah adalah Air Terjun Tancak Kembar. Terletak di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 18 kilometer dari Kota Bondowoso.

Air terjun Tancak Kembar berada di lereng pegunungan Argapuro dengan ketinggian 1.100 mdpl jadi memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan udara yang sejuk. Sementara ketinggian air terjunnya mencapai 77 meter.

Namun untuk menikmati keseruan di air terjun Tancak Kembar pengunjung harus terlebih dahulu berjalan kaki kurang lebih 1 jam dari desa terakhir sebab jalannya masih belum bisa dilewati kendaraan.

Sesampainya di air terjun, kelelahan pun akan hilang ketika melihat keindahan air yang mengalir di antara tebing dan pepohonan rimbun dari atas. Meskipun membutuhkan tenaga extra untuk berjalan jaki serta melewati jalan yang menantang tempat ini tetap ramai pengunjung, apalagi disaat hari libur tiba.

Salah seorang pengunjung, Nurul Hasanah mengatakan air terjunnya masih alami, sejuk dan suasana yang nyaman, kita juga bisa berkemah di dekat air terjun. Apalagi jalan ke tempat air terjun sangat menantang bukan kendala untuk mengunjunginya.

"pemandangannya sangat bagus, jika akses jalannya diperbaiki makin lebih bagus lagi", ucapnya

Dari namanya, Tancak sendiri adalah bahasa Madura. Artinya air terjun. Karenanya Tancak Kembar adalah air terjun kembar. Memang ada dua air terjun di samping satu sama lain, dan jarak di antara mereka hanya 20 meter.

Berdasarkan warga setempat, dua air terjun yang berdampingan ini menyimpan banyak mitos. Masyarakat setempat meyakini, air terjun sebelah kiri dijaga oleh penunggu laki-laki dan sebelah kanan dijaga oleh sosok perempuan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: