Sukses

Nasdem Kantongi Dua Nama Baru Jelang Pilpres 2024, Siapa Saja?

Penyaringan nama capres dari semua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi terus berlangsung

Liputan6.com, Jakarta Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tak ingin ketinggalan dalam suasana pemasan mesin politik menjelang Pilpres 2024 mendatang. 

Bahkan, Partai Nasdem dikabarkan sedang mematangkan keyakinan untuk mengusung dua nama yang dianggap mampu berkontestasi pada Pilpres 2024 mendatang. 

Agenda pemenangan Pilpres 2024 tersebut menjadi catatan penting Nasdem pada Rakernas 15-17 Juni 2022 mendatang. Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem sekaligus Anggota Dewan Pakar DPW Nasdem Jawa Barat, Muhammad Farhan mengatakan, rakernas selain menentukan arah politik sekaligus bakal mengusung calon presiden.

Dia menjelaskan, pertimbangan dukungan calon presiden semakin ketat. Penyaringan nama capres dari semua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi terus berlangsung. 

Beberapa nama yang muncul masih didominasi sosok yang tengah populer sebagai capres.

"Apabila diamati ada dua nama yang baru saja diwacanakan untuk menjadi nama - nama Capres yang mungkin diusulkan dalam Rakernas Partai Nasdem di Jakarta nanti," ujar Farhan dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

Kedua nama itu adalah, Andika Perkasa sebagai sosok yang mewakili kader pemimpin nasional dari TNI dan Rahmat Gobel sebagai sosok yang menyeruak mewakili kader pemimpin nasional dari Indonesia Timur.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dinamika Politik

"Dinamika munculnya dua nama baru itu membuat percaturan Capres jadi sangat menarik," ujarnya.

Farhan menilai, untuk sikap koalisi hingga saat ini belum layak dilakukan. Menurutnya, peta koalisi sekarang dianggap terlalu dini untuk dipastikan. 

Karena, kata dia, ada banyak dinamika yang masih memungkinkan perubahan koalisi yang tidak mengikat tersebut. 

Farhan mengaku, ada beberala faktor yang menyebabkan belum bisa memastikan komposisi pemenangan di daerah mulai dari kandidat legislatif tiap partai di semua level. 

"Nama Capres definitif dengan pasangannya dan dinamika kepemimpinan parpol peserta pemilu," katanya.

Farhan memastikan, Nasdem tidak bimbang untuk menentukan figur berkaca dari perhelatan Pemilu sebelumnya. 

"Bukan bimbang tapi menimbang dengan masak. Walaupun demikian, untuk kandidat Presiden atau Wakil Presiden, nama kader Nasdem Rahmat Gobel, patut diperhitungkan seiring dengan aspirasi dari kader dan DPW dari Indonesia Timur," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.