Sukses

Pelaku Wisata Kota Batu Sambut Baik Kebijakan Melepas Masker, Tapi

Liputan6.com, Jakarta Kebijakan pemerintah melepas masker di ruang terbuka disambut baik oleh para pelaku wisata khususnya wilayah Kota Batu Jawa Timur.

Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta Kota Batu Sujud Hariadi mengatakan pihaknya mulai berbenah menyesuaikan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait penggunaan masker.

"Kami menyambut positif kebijakan baru dari pemerintah tersebut dan memang pandemi covid-19 semakin mereda," kata Sujud, Selasa (24/5/2022).

Sujud menjelaskan, pelonggaran bagi para wisatawan untuk tidak menggunakan masker di area terbuka tersebut dilakukan selama hari-hari biasa. Sementara pada saat akhir pekan, wisatawan tetap diminta untuk menggunakan masker karena peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

Selain itu, lanjutnya, pada hari-hari biasa Satgas Penanganan covid-19 internal yang ada di Taman Rekreasi Selecta tersebut hanya berjaga pada pos-pos yang disiapkan dan tidak berada di area taman rekreasi.

"Untuk akhir pekan, tetap harus menggunakan masker karena ditakutkan tidak bisa menjaga jarak karena jumlah pengunjung cukup tinggi," ujarnya.

Dia menyebutkan, saat ini jumlah kunjungan wisatawan di Taman Rekreasi Selecta Kota Batu pada hari-hari biasa tercatat antara 1.000-2.000 kunjungan per hari. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Catatan Kasus Covid-19

Sementara pada saat akhir pekan mencapai 5.000 kunjungan. Dia mengaku, adanya pelonggaran kebijakan penggunaan masker mendapat respon baik dari wisatawan.

"Kita memperbolehkan pada hari biasa untuk tidak menggunakan masker, agar lebih menikmati udara segar di Selecta," katanya.

Di wilayah Kota Batu, tercatat secara keseluruhan ada sebanyak 4.916 kasus konfirmasi positif covid-19. Namun, hingga saat ini tidak ada kasus aktif. 

Dari total tersebut, sebanyak 4.630 orang dilaporkan sembuh dan 286 orang meninggal dunia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melonggarkan kebijakan pemakaian masker di area terbuka dengan mempertimbangkan pandemi covid-19 yang dinilai terkendali. Pelonggaran itu hanya berlaku di luar ruangan dan bukan di ruangan tertutup atau transportasi massal.

Sedangkan masyarakat yang masuk dalam kategori rentan, lanjut usia atau memiliki penyakit penyerta, Presiden Joko Widodo tetap menyarankan untuk menggunakan masker pada saat melakukan aktivitas.