Sukses

5 Cara Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta - Masalah ketombe sering membuat seseorang melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Bahkan orang yang mengalami ketombe merasa malu dan tidak percaya diri sehingga kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa penyebab terjadinya ketombe seperti kulit kepala berminyak, kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala, hingga psoriasis. Sehingga menghilangkan ketombe bukan perkara yang bisa dipandang sebelah mata. Penanganan tersebut haruslah dilakukan secara serius.

Selain menggunkan sampo antiketombe anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe. Berikut bahan alami dapat digunakan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

 

2 dari 6 halaman

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya di kepala secara merata dan memijat-mijatnya, kemudian diamkan selama satu jam hingga meresap sempurna. Setelah itu bilas kepala dengan air bersih, lakukan cara ini 2 kali sepakan untuk mendapatkan hasil maksimal.

 

3 dari 6 halaman

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat mengatasi masalah ketombe sebab air perasan buah, kulit buah, dan daun jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe, yakni Malassezia furfur.

Oleskan perasan jeruk nipis di kepala kemudian diamkan beberapa menit agar dapat meresap ke dalam kulit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini beberapa minggu hingga ketombe hilang dari kulit kepala.

 

4 dari 6 halaman

3. Soda Kue

Tidak hanya sebagai bahan membuat kue dan roti. Soda kue juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan ketombe di kepala.

zat eksfolian yang terkandung pada soda kue mampu mengangkat minyak dan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Soda kue juga terdapat zat antijamur yang dapat melawan jamur penyebab ketombe muncul.

Sebelum menggunakan soda kue basahi kepala terlebih dahulu kemudian balurkan dua hingga tiga sendok makan soda kue pada kulit kepala. Kemudian bilas dengan air bersih setelah 2 menit. Cara ini dapat anda lakukan 2 kali dalam seminggu.

5 dari 6 halaman

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa menghilangkan ketombe secara alami. Cukup olesi kepada bagian kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Setelah itu, sisir rambut perlahan. Lakukan langkah ini perlahan agar rambut tidak berminyak.

6 dari 6 halaman

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat mengatasi masalah ketombe di kepala, antimikroba yang dimiliki minyak kelapa dapat mengusir jamur penyebab infeksi.Caranya dengan menggunakan 2 sendok makan minyak kelapa, lalu oleskan pada kepala dengan memijat-mijatnya. Diamkan selama satu jam, kemudian bilaslah dengan air bersih dan menggunakan sampo agar sisa minyak tidak ada lagi sebab beresiko menyumbat pori-pori kulit.