Sukses

Dereta Wisata Alam Pulau Madura Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Ragam potensi wisata di kepulauan Madura Jawa Timur masih belum banyak yang tahu. Padahal, sejumlah destinasi wisata di Madura mampu memanjakan diri para pengunjung.

Akses menuju Pulau Madura pun tak hanya melalui penyebrangan ferry. Pengunjung bisa melewati Jembatan Nasional Suramadu.

Tempat wisata di Madura juga rata-rata menawarkan harga tiket masuk yang relatif murah.Deretan pantai indah, gugusan pulau-pulau eksotis, tak kalah menarik dengan wisata alam di daerah lain.

Berikut deretan wisata di Madura dirangkum dari berbagai sumber: 

Pulau Gili Labak

Gili Labak adalah destinasi utama yang wajib Anda kunjungi di Madura. Pulau ini dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dari pelabuhan Kalianget. Gili Labak sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura.

Gili Labak memiliki kawasan pantai dengan terumbu karang yang menawan dan cocok bagi Anda pecinta snorkeling. Keindahan pemandangan berupa hamaran laut biru dan pasir pantai yang putih semakin menambah daya tariknya bagi wisatawan.

Telaga Kermata

Rekomendasi tempat wisata di Madura yang kedua adalah Telaga Kermata. Telaga Kermata terletak di Saronggi Sumenep, dan sangat cocok untuk Anda datangi bersama keluarga. 

Pengunjung akan dimanjakan dengan hawa sejuk dan berbagai fasilitas yang ramah wisatawan.

Dahulu, Kermata adalah sumber mata air. Namun pada masa penjajahan Belanda, ia berubah fungsi menjadi menjadi danau buatan yang dimanfaatkan sebagai sistem irigasi untuk sawah di sekitarnya. 

Anda bisa mencapai Telaga Kermata dari pusat kota Sumenep dengan jarak tempuh 7 kilometer saja.

Puncak Ratu Pamekasan

Puncak Ratu Pamekasan adalah destinasi wisata populer Madura yang sedang digandrungi oleh para wisatawan. Memanjakan mata dengan pemandangan alamnya yang indah dan hawanya yang sejuk, Puncak Ratu Pamekasan sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau pasangan.

Lokasi Puncak Ratu Pamekasan berada di ketinggian sekitar 200 meter. Dari puncak ketinggiannya, Anda bisa menyaksikan landscape kota Pamekasan yang menawan. 

Selain itu, Anda juga bisa melihat ratusan pohon sengon yang tampak masih hijau dan asri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Pulau Kangean

Rekomendasi tempat wisata di Madura yang keempat adalah Pulau Kangean. Kepulauan Kangean adalah pulau besar yang berada di ujung paling timur wilayah Madura. Di sini, Anda bisa menyusuri wisata pulau Madura seperti Pulau Kangean, Pulau Paliat, dan Pulau Sepanjang.

Selain menonjolkan keindahan wisata pantai, di sini Anda juga bisa menikmati wisata bahari yang kaya akan biota laut dan cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving. Kecantikan alam bawah lautnya patut untuk Anda jelajahi!

Pulau Mamburit

Rekomendasi tempat wisata di Madura yang kelima adalah Pulau Mamburit. Pulau ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan kondisi laut di wilayah Indonesia bagian Timur. Dengan hamparan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karangnya, destinasi wisata yang satu ini berhasil menggaet wisatawan untuk mengunjunginya.

Tak berbeda dengan deretan pulau di wilayah Sumenep lainnya, di Pulau Mamburit Anda bisa melakukan aktivitas bawah laut seperti snorkeling untuk menikmati keindahan kehidupan terumbu karang. Tempat wisata di Madura yang satu ini patut masuk dalam daftar destinasi yang wajb dikunjungi.

Bukit Arosbaya

Rekomendasi tempat wisata di Madura yang terakhir adalah Bukit Arosbaya. Bukit Arosbaya adalah bukit kapur yang terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura. Bukit kapur ini terbilang unik karena jika umumnya bukit kapur berwana putih, Bukit Arosbaya memiliki warna merah kecokelatan.

Bukit Arosbaya dulunya merupakan lokasi bekas penambangan kapur tulis, namun saat ini sudah tidak beroperasi lagi. Bekas pahatan yang tidak beraturan di dinding bukit justru memberi corak yang indah. Di sekitar bukit ini juga terdapat juga gua-gua kecil yang terbentuk akibat penambangan.