Sukses

Kejuaraan Bultangkis Piala Gubernur Jatim Dibuka, Buruan Daftar

Juara pada Piala Gubernur Jatim 2022 akan mewakili Jatim pada Piala Presiden 2022 yang akan digelar Agustus mendatang

Liputan6.com, Jakarta Kejuaraan bulutangkis Piala Gubernur Jatim tahun 2022 akan digelar 28 Mei - 4 Juni di GOR Bulutangkis Surabaya. 

Kejuaraan yang menyediakan total hadiah Rp 168 juta ini, bisa diikuti para pebulutangkis Jatim dengan mendaftar melalui http://si.pbsi.or.id.

Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Jatim, Tony Wahyudi, menyampaikan, juara pada Piala Gubernur Jatim 2022 akan mewakili Jatim pada Piala Presiden 2022 yang akan digelar Agustus mendatang, serta diikutkan audisi menuju kejuaran - kejuaraan internasional.

"Saat ini di Jawa Timur ada 7.000 atlet bulutangkis. Dengan digelarnya Piala Gubernur Jatim, atlet yang lama vakum bisa mengikuti audisi. Audisi akan menjadi langkah utk bisa berangkat ke even tingkat nasional dan internasional," ujar Tony saat press conference di GOR Sudirman Surabaya, Jumat (20/5/2022).

Dengan demikian, kata Tony, mampu melahirkan atlet talenta muda seperti Kevin Sanjaya dan lainnya. Pertandingan dibuka secara gratis untuk masyarakat. Panitia juga menyediakan konsumsi, snack dan minuman dari berbagai sponsor dan diberikan secara gratis kepada penonton yang menyaksikan.

"Kami target peserta 1.000 atlet, saat ini sudah 700 atlet mendaftar dan syaratnya khusus atlet Jawa Timur dan telah terdaftar sebagai atlet Jatim," terangnya.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya berharap dukungan dari Pemprov Jatim. Sebab peranan gubernur dan unsur Pemprov Jatim dalam even ini sangat berkesinambungan dalam menyukseskan even.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembinaan

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Hudiyono mengatakan, kejuaraan ini memiliki fungsi strategis, yakni membesarkan olahraga bulutangkis dan mencapai target pembinaan.

Menurutnya, sinergitas publikasi Pemprov bersama PBSI sangat bagus, dengan begitu masyarakat Jawa Timur akan tahu dan mendukung even besar ini.

"Jatim adalah Bumi Mojopahit dan telah mamapu melahirkan atlet legendaris. Hal ini menjadi modal kuat dalam memasifkan Optimis Jatim Bangkit melalui kejuaraan bulutangkis," ujarnya.

Ada korelasi, dengan banyak even maka akan ada pergerakan dan pertumbuhan ekonomi di lingkungan sekitar, serta meningkatkan peran UMKM lokal di sekitar GOR. Ini memberi nilai manfaat yang besar bagi perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Wujud nyata Dinas Kominfo dalam even ini adalah secara masif akan melakukan publikasi, baik melalui siaran langsung/streaming, publikasi di radio, televisi, demi bangkitnya bulutangkis di Jawa Timur," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.