Sukses

Diduga Bagian Bangunan Candi, Warga Temukan 19 Batu Andesit di Jombang

Liputan6.com, Jombang - Belasan batu andesit ditemukan di tepi sungai yang berada di Desa Betek, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang pada Selasa (17/5/2022). Penemuan batu andesit yang diduga merupakan bagian dari struktur candi itu pun sempat menghebohkan warga setempat. 

Kepala Bidang Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Dian Yunita Sari mengatakan, jika pihaknya telah melakukan peninjauan atas temuan batu andesit yang diduga masih menjadi bagian bangunan candi tersebut.

"Berdasarkan hasil peninjauan kemarin, batu yang tampak itu sebanyak 19 buah dengan ukuran yang berbeda. Bahan atau bentuk, hingga ragam yang ada pada batu andesit tersebut, diduga merupakan komponen dari sebuah candi," kata Dian, Jumat (20/5/2022).

Dari 19 batu andesit tersebut, 16 di antaranya menggambarkan ragam hias tumpal dan indikasi ragam hias kala, yang juga ada di salah satu blok batu yang ditemukan. Mengenai penemuan-penemuan struktur yang ada di Kabupaten Jombang, diduga peninggalan bangunan sejarah.

"Kami telah menyurati pihak BPCB Jawa Timur. Ada banyak yang kami rekomendasikan untuk ditinjau BPCB. Untuk penemuan ini laporan resmi dari masyarakat belum ada. Cuma di akhir Maret kemarin ada laporan dari Mas Vidi BPCB, kalau di Mojoagung ada batu-batu andesit," tambahnya.

Simak juga video pilihan berikut ini: