Sukses

Tingkat Literasi Bojonegoro Naik 60,74 Persen

Liputan6.com, Jakarta Jumlah kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur selama 2022 menunjukkan tren kenaikkan indeks data kegemaran berada di angka 60,74 persen. 

Dari jumlah tersebut tingkat kegemaran membaca masyarakat Bojonegoro dalam taraf sedang. Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro Titis Anganten Wiyanti mengatakan, berdasarkan Satu Data Bojonegoro, di Januari 2022, ada 474 pengunjung. 

"Baik anggota maupun non anggota. Sementara, di Februari mencapai 809 pengunjung. Puncaknya pada Maret sebanyak 1.207 pengunjung. Sedangkan di April kembali seperti fase awal sebanyak 473 pengunjung,“ ucap Titis, Kamis (19/5/2022).

Titis mengatakan sesuai program, diharapkan setiap desa membentuk perpustakaan desa (perpusdes). Sebab, hingga 2021 ada 252 perpusdes atau 58,6 persen yang didukung dengan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca dengan rutin berkunjung ke perpustakaan.

“Himbauan dan sosialisasi kita lakukan ke sekolah-sekolah melalui kegiatan perpustakaan keliling dan dongeng keliling. Gemar membaca adalah suatu kebiasaan atau habit sehingga akan lebih baik kalau dimulai sejak dini,” imbaunya.

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 2 halaman

Koleksi Buku

Titis berharap, bagi penulis dan penerbit dapat memberikan salinan bukunya ke Dinperpusip untuk ditambahkan sebagai koleksi. 

Terutama untuk hasil karya penulis dan penerbit lokal. Sementara, pertumbuhan jumlah koleksi buku dari Januari hingga April 2022 ada sebanyak 234 judul.