Sukses

Lontong Kikil Dautah Kudapan Legendaris Magetan Siap Menggoyang Lidah

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Magetan Jawa Timur memiliki sebuah tempat makan legendaris yang lokasinya ada di desa Dautah, Kecamatan Ngariboyo. 

Jika dari pusat kota atau alun-alun, jaraknya hanya berkisar 2 km menuju ke arah selatan. Warung bernama Lontong Kikil Dautah tersebut menyediakan menu lontong kikil sapi dan kambing dengan cita rasa yang sangat khas. 

Kenyal, pedas, manis, dan kental akan kaldu. Tak hanya rasanya yang khas, Kikil di warung Lontong Kikil Dautah tersebut juga diolah menggunakan cara tradisional, yakni memakai kayu bakar di atas pawon.

Asap yang timbul dari kayu bakar menyeruak bertangkup dengan harumnya kuah kikil yang kental dan pedas. Hal ini semakin menambah nikmat ketika sobat akan menyantapnya.

Sesuai nama desanya, kuliner ini dikenal dengan nama Lontong Kikil Dautah. Warung Lontong Kikil Dautah di Kabupaten Magetan ini sudah ada sejak tahun 1998. 

Walaupun letaknya di dalam gang, namun kuliner ini sering menjadi rujukan para pencinta kuliner. Menurut pencinta kuliner dengan nama akun Instagram @sam_kuliner, lontong yang disajikan memiliki tekstur lembut.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

2 dari 2 halaman

Kuah Tanpa Santan

Lontong di warung ini dibungkus dengan daun pisang sehingga menimbulkan rasa sedap dan wangi di lontongnya.

Hal lain yang menarik adalah, kikil di warung ini tidak dimasak menggunakan santan. Sensasi kuah kental dihasilkan dari kuah kikil yang sering dihangatkan di atas tungku panas. 

Sehingga kaldu dari sumsum tulang kaki sapi dan kambing menjadi kental dan cita rasanya menyeruak. 

Untuk bisa menyantap olahan kaki sapi atau kaki kambing tersebut, Sobat hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 16.000,-. Bagaimana, cukup murah bukan? Yuk, sobat Makan siang di Lontong Kikil Dautah!