Sukses

3 Kuliner Magetan Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke suatu wilayah tidak pas rasanya tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Pasalnya, di setiap sajian makanan kuliner khas memiliki cita rasa unik dan lezat.

Begitu juga ketika kamu berkunjung ke Magetan Jawa Timur, kamu wajib mencicipi makanan khas Magetan. Magetan menjadi surganya para penggemar kuliner cita rasa makanan manis. 

Rasa dan jenis makanan ini menjadi identitas daerah tersebut. Walaupun kebanyakan makanan khas Magetan mirip dengan sajian kuliner daerah lainnya, namun makanan khas Magetan memiliki ciri khasnya tersendiri. 

Sehingga rasa makanan khas Magetan berbeda dengan yang lainnya. Berikut 3 Kuliner Magetan menggugah selera wajib dicoba: 

Tepo

Makanan khas Magetan pertama yang wajib dicoba adalah tepo. Tepo merupakan makanan yang terbuat dari beras biasa yang dibuat seperti lontong. Sekilas, tepo mirip kupat tahu yang dijual di daerah lain.

Namun, bumbu yang digunakan pada sajian tepo berbeda dengan kupat tahu biasanya. Kalau kupat tahu biasanya menggunakan santan, sedangkan tepo menggunakan kuah dari gula merah dan kacang yang dihaluskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Sate Kelinci

Magetan juga terkenal dengan sate kelincinya. Banyak warung-warung di pinggir jalan yang menjual sate kelinci yang disajikan dengan lontong dan bumbu pecel.

Cita rasa sate kelinci khas Magetan sangat nikmat, dengan dikombinasikannya bumbu pecel dan kecap. Selain di tempat-tempat wisata, banyak juga di desa-desa di Magetan yang menjual sate kelinci. Terkadang penjual menjajakan dengan gerobak dan dijual berkeliling.

Pecel Pincuk

Pecel pincuk khas Magetan sebenarnya tidak berbeda dengan pecel lainnya di daerah lain. Hal yang membedakan pecel ini dengan pecel lainnya adalah cita rasa sambal kacangnya.

Sambal kacang Magetan berbeda dengan sambal kacang lainnya. Selain itu, wadah pecel pincuk ini menggunakan daun pisang dalam penyajiannya.