Sukses

Cara Mengatasi Hama Tikus yang Berkeliaran di Rumah

Liputan6.com, Surabaya Tikus merupakan salah satu hama yang sering muncul di rumah. kehadiran tikus dapat mengganggu kenyamanan sebab hewan ini kotor dan jorok apalagi dapat merusak barang-barang yang ada di rumah.

Sehingga, terkadang pemilik rumah akan melakukan berbagai cara untuk mengusir tikus yang dapat berpotensi membawa penyakit. Nah, berikut Liputan6.com memberikan tips mengatasi hama tikus yang di rangkum dari beberapa sumber tanpa racun.

1. Menggunakan Ampas Teh

Bahan ini sangat mudah untuk didapatkan, apalagi anda sering minum teh. Ampas teh dapat merusak pernapasan tikus ketika hewan ini menghirup atau memakannya.Letakkan ampas teh di tempat-tempat persembunyian tikus sehingga penciuman tikus rusak dan membuatnya tidak nyaman di rumah dan akan pergi.

2. Semprot Minyak Kayu Putih

Aroma dari minyak kayu putih dapat mengusir tikus-tikus yang ada di rumah. Semprotkan larutan kayu putih di tempat sering tikus bersarang. Sebaiknya menggunakan larutan kayu putih dengan konsentrasi 5% .

3. Menggunakan Bedak Bayi

Bubuk halus bedak bayi dipercaya dapat mengganggu fungsi tubuh tikus saat hewan ini mengkomsumsinya. Taburkan bedak bayi di tempat yang sering dilewati tikus.

4. Menggunakan Bawang Bombay atau Bawang Merah

Kupas dan iris bawang bombay atau bawang merah kemudian letakkan di tempat tikus sering berada, ganti bawangnya setelah busuk. Hal ini karena tikus tidak bisa mencium aroma menyengat seperti bawang.

5. Menggunakan Minyak Peppermint

Aroma minyak peppermint bisa membuat rumah jadi harum, tetapi jika tikus menciumnya bisa mengganggunya dan akhirnya akan meninggalkan rumah kita. Tetapi aroma minyak pappermint sangat mudah menguap saat terkena udara. Jadi anda harus menyebarkan minyak pappermint lebih sering agar tikus tidak bakal kembali lagi.

6.Menggunakan Rambut

Jika tikus mengkomsumsi rambut dapat menyebabkan tikus mati. Jadi jika anda menggunting ramput atau rambut sering rontok, letakkan di tempat yang sering dilewati tikus. Tikus akan tertarik melihat rambut dan akan mencoba memakannya.

7. Menggunakan Perangkap Tikus

Banyak jenis perangkap tikus yang dijual di pasaran. Anda dapat memilih perangkap tikus yang hanya nangkap tanpa membunuh. Setelah tikus terjebak anda bisa melepaskannya di luar rumah.