Sukses

Telaga Sarangan Magetan Objek Wisata Populer Sepanjang Libur Lebaran 2022

Liputan6.com, Jakarta Tingkat kunjungan wisata di sejumlah daerah Jawa Timur tercatat mengalami peningkatan pada libur Lebaran 2022. 

Salah satunya di Kabupaten Magetan Jawa Timur yang mencatat sebanyak 145.695 wisatawan mengunjungi sejumlah tempat wisata selama 11 hari libur Lebaran sejak 28 April hingga 8 Mei 2022.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan Joko Trihono mengatakan, dari jumlah kunjungan tersebut, sebanyak 63,7 persen di antaranya berkunjung ke objek wisata Telaga Sarangan, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan.

Setelah itu, disusul kunjungan ke Mojosemi Forest Park, Banyu Biru, Taman Genilangit Poncol, dan lainnya.

Joko menjelaskan dengan jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran tersebut menunjukkan kunjungan wisatawan ke Magetan sudah mulai normal, seperti sebelum pandemi covid-19.

"Tidak hanya Telaga Sarangan saja yang menjadi tujuan yang banyak dikunjungi, akan tetapi semua destinasi wisata di Kabupaten Magetan juga mulai ramai pengunjung," kata dia dilansir Antara, Sabtu (14/5/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Dampak Ekonomi

Ia menambahkan banyaknya kunjungan wisatawan selama libur Lebaran tersebut, secara otomatis berdampak pada pelaku usaha di sekitar objek wisata. 

Mulai dari kuliner, perhotelan, oleh-oleh, hingga jasa sewa perahu wisata dan kuda wisata di Sarangan.

Pemkab Magetan melalui dinas terkait akan menggelar sejumlah agenda menarik yang telah ditetapkan dalam rangkaian acara 

"Calender of Event Magetan Tahun 2022". Hal itu sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Magetan dan pemulihan ekonomi warga lokal setelah kasus penularan COVID-19 dapat ditekan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.