Sukses

Puluhan Warga Jombang Alami Keracunan Makanan usai Hadiri Acara Yasinan

Liputan6.com, Jombang - Sejumlah warga di Dusun Garu, Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang diduga mengalami keracunan massal. Puluhan warga itu mengalami pusing, mual hingga sakit perut usai menyantap hidangan kegiatan yasinan di salah satu rumah warga.

AB salah seorang warga yang menjadi saksi mata mengaku bahwa gejala keracunan makanan itu ia lihat di warga yang tinggal di tiga RT berbeda pada Jumat (13/5/2022) pagi. Ia pun menduga keracunan massal itu terjadi usai warga menyantap hidangan saat acara yasinan pada malam sebelumnya.

"Awalnya total dari tiga RT keracunan, kata orang-orang sampai 30-an orang. Saya tahunya tadi pas disuruh antar tetangga ke puskesmas, dan ternyata banyak menunjukkan gejala yang sama seperti keracunan," kata AB, Jumat (13/5/2022) petang.

Menurut dia belasan warga saat ini tengah menjalani perawatan intensif di sejumlah fasilitas kesehatan setempat. Bahkan beberapa di antaranya harus mendapat perawatan di ICU.

"Ada yang di puskesmas, gak cukup ada yang di Sakinah, ada yang di RS Gatoel. Paling parah ada yang sampai masuk ICU," lanjutnya.

Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan, Polsek dan Koramil pun telah mendatangi sejumlah rumah warga yang mengalami gejalan keracunan makanan. AB memperkirakan bahwa jumlah korban akan terus bertambah. 

"Bisa jadi lebih dari jumlah itu, karena makanan dibawa pulang dan sampai anak atau yang dirumah ikut makan," ungkapnya.

Simak juga video pilihan berikut ini: