Sukses

Buahnya Kerap di Jadikan Gorengan, ini Manfaat Daun Sukun Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Tanaman sukun bayak tumbuh di indonesia baik di dataran tinggi maupun dataran rendah dan bisa tumbuh hingga tinggi 30 meter. Sedangkan, daunnya berbentuk oval dengan ujung daun yang runcing, lebar daun bisa mencapai 20 - 40 cm dan panjang mencapai 60 cm.

Buah tanaman sukun sangat familiar bagi masyarakat indonesia, sebab buahnya kerap di komsumsi dan bisanya diolah menjadi gorengan atau olahan makanan lainnya.

Namun, daun tanaman sukun tidak banyak yang mengetahui khasiat yang terkandung. Sebab, daun sukun memiliki beberapa kandungan seperti vitamin B1, B2, C, kalsium, fosfor, zat besi, flavonoid, dan beta sitosterol.

 

2 dari 2 halaman

Berbagai Manfaat Daun Sukun

Berikut Liputan6.com rangkum manfaat daun sukun bagi kesehatan dari berbagai sumber :

1. Melindungi jantung

Daun sukun mengandung flavonoid dan Beta sitosterol yang dapat mencegah terjadinya gagal jantung.

2. Darah Tinggi dan Deabetes

Champorol, phenol, dan quercetin yang terkandung pada daun sukun yang telah menguning dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh.

3. Mencegah Kanker

Dengan mengkomsumsi daun sukun secara rutin dapat bermanfaat untuk mencegah tumbuhya sel kanker dalam tubuh.

4. Sariawan

Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Padjajaran, Bandung menyatakan daun sukun mengandung ekstrak metanol yang bisa menghambat pertumbuhan Candida Albicans penyebab sariawan.

5. Kolesterol

Daun sukun mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah aorta yang menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Siam juga video pilihan berikut ini: