Sukses

Tips Investasi Produk Berjangka Kripto

Saat melakukan perdagangan berjangka, pengguna dapat memilih dari dua posisi sekaligus dan memahami

Liputan6.com, Jakarta Iklim investasi produk berjangka Kripto belakangan tengah marak menjadi salah satu pilihan investor dari semua kalangan.

Diketahui, saat ini banyak trader dan investor mulai tertarik memilih pasar derivatif kripto, seperti futures contract alias kontrak berjangka yang acuannya adalah nilai kripto dari pasar spot. 

“Perdagangan kontrak berjangka kripto berguna untuk melindungi nilai terhadap risiko dan meningkatkan efisiensi modal trader. Banyak pemula kripto tertarik dengan imbal hasil di pasar jenis ini, tetapi masih memandang ini sebagai sesuatu yang rumit. Padahal, di beberapa penyedia platform, seperti CoinEx justru lebih mudah dilakukan, lebih sederhana," kata Pendiri dan CEO CoinEx Haipo Yang, Kamis (12/5/2022).

Dia menjelaskan, CoinEx, didirikan pada tahun 2017, merupakan tempat perdagangan kripto (spot dan derivatif) di bawah ViaBTC Group. 

Grup ViaBTC fokus ke semua kategori kripto, mencakup bursa (CoinEx), mining pool (ViaBTC Pool), wallet (ViaWallet), public chain (CoinEx Smart Chain) dan investasi (ViaBTC Capital).

Haipo Yang menjelaskan, ada perbedaan utama antara pasar spot dan futures kripto. 

“Dalam perdagangan spot, pengguna hanya bisa mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan harga, sementara di futures, pengguna dapat meraih keuntungan dari naik turunnya harga kripto di pasar spot, selama arahnya benar," ujar Yang.

Dia menambahkan, saat melakukan perdagangan berjangka, pengguna dapat memilih dari dua posisi sekaligus. Yakni, posisi “Long” untuk proyeksi harga yang naik atau posisi “Short” untuk proyeksi harga yang turun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ratusan Pasar Berjangka

Haipo Yang mengaku tidak menampik kerumitan di pasar kontrak berjangka kripto khususnya bagi pemula. Dia menjelaskan, untuk aspek penggunaan fitur leverage dan cara menghadapi fluktuasi harga. 

“Rasio leverage yang tinggi dan risiko yang signifikan adalah fitur yang paling menonjol dari futures. Penggunaan leverage yang bijaksana adalah faktor lain yang menentukan Anda meraih keuntungan, selain keahlian menguasai analisis teknikal. Namun demikian, bukan berarti tidak bisa dikuasi, asalkan trader terus belajar dan berlatih,” ujarnya.

Menurutnya, bursa kripto CoinEx telah menampilkan beberapa pasar berjangka untuk kontrak berjangka linier atau terbalik, dengan rasio leverage maksimum 100 kali. 

"Perlu dicatat bahwa CoinEx menggunakan Mark Price untuk menentukan PNL dan harga likuidasi suatu posisi. Likuidasi paksa akan dipicu ketika Mark Price mencapai harga likuidasi," imbuhnya.

Dengan demikian, pengguna dapat menambahkan lebih banyak margin di muka untuk mengurangi risiko likuidasi paksa. Haipo Yang mengatakan, CoinEx sekarang menyediakan lebih dari 100 pasar berjangka dan pengguna dapat memilih yang menarik minatnya untuk memulai perdagangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.